Luncurkan Aplikasi E-logbook, Kemenhub Mudah Pantau Pengemudi AKAP

610
Bus-bus AKAP

Jakarta, Muslim Obsession – Kementerian Perhubungan meluncurkan layanan berbasis digital bernama e-logbook. Aplikasi ini berupa layanan keselamatan kerja dan pelayanan angkutan umum khususnya angkutan antar kota antar provinsi (AKAP).

“Kita meluncurkan layanan e-logbook bagi pengemudi angkutan AKAP yaitu aplikasi yang mengawasi waktu kerja dari pengemudi agar tidak melewati batas waktu yang ditentukan,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulisnya yang diterima Muslim Obsession, Kamis (15/11/2018).

Budi berharap dengan adanya layanan ini keselamatan kerja dan pelayanan angkutan umum khususnya angkutan AKAP bisa ditingkatkan. Ia juga berpesan agar layanan ini terus dilakukan dengan konsisten.

“Aplikasi tersebut merekam dan memonitor data single identitas serta waktu kerja pengemudi angkutan umum sehingga pada akhirnya kita harapakan keselamatan kerja dan pelayanan angkutan umum bisa ditingkatkan,” katanya.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan tujuan dari peluncuran aplikasi ini yaitu agar memiliki data seputar waktu kerja, istirahat, maupun pergantian pengemudi yang terekam di dalam aplikasi.

“Tak hanya mengenai data namun juga untuk mewujudkan satu identitas bagi pengemudi angkutan umum serta yang terpenting demi mewujudkan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan,” katanya.

Bagi perusahaan otobus (PO), imbuhnya, aplikasi ini dapat memberi tahu posisi pengemudi selama perjalanan, mengetahui kinerja juga latar belakang pengemudi.

E-logbook merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk pengawasan waktu kerja pengemudi angkutan terhadap batas aturan yang telah ditentukan.

Layanan ini memungkinkan pihak Kementerian Perhubungan dan juga perusahaan transportasi yang menaungi pengemudi untuk memonitor jam kerja dan waktu istirahat para pengemudi. Layanan e-logbook berbentuk aplikasi, website dan juga smart card.

Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini, yakni peta dan grafik dimana akan terlihat posisi pengemudi secara real time dan durasi mengendarai dari tiap pengemudi.

Cara kerja sistem ini saat pertama pengemudi berangkat dicatat waktunya oleh petugas terminal dengan cara tapping kartu dan set status pada aplikasi e-logbook pengemudi. Demikian pula saat pengemudi telah tiba di tempat tujuan akan dilakukan cara yang sama.

Sementara pada saat pengemudi beristirahat atau melakukan pergantian pengemudi statusnya akan dikirimkan melalui aplikasi e-logbook dari ponsel pengemudi. (Has)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here