Laku Keras! Kopi Indonesia Terjual 2 Juta Dolar di London

508
Kopi (Foto: The Independent)

Jakarta, Muslim Obsession – Atase Perdagangan London Nur Rakhman Setyoko mengungkapkan bahwa kopi khas dan premium (specialty) Indonesia terjual USD2 juta pada London Coffee Festival 2019 di Old Truman Brewery, akhir bulan lalu.

Pada pameran tersebut, Paviliun Indonesia menampilkan 24 varietas biji kopi specialty dari tiga pelaku usaha kopi Indonesia, yaitu Work Coffee Indonesia, PT Seribu Satu Rasa (Walking Drums), dan Ngopi International Limited.

Menurut Nur Rahkman produk-produknya antara lain kopi gayo, bali kintamani, solok radjo, tolu batak, garut kasuga, enrekang nating, puntang peaberry, flores bajawa, mount halu (Jawa Barat), gunung tilu (Jawa Barat).

“Masing-masing memiliki cita rasa yang unik dan khas,” ujar dia dalam siaran pers, Kamis (11/4/2019).

Paviliun Indonesia juga mengadakan sesi mencicipi kopi (coffee cupping) yang disambut antusias oleh para pengunjung pameran dan pembeli potensial, ujar dia.

Menurut Nur Rakhman, kopi yang cukup dikenal di pasar Inggris adalah kopi Gayo dan kopi Mandhailing.

Menurut dia, minum kopi telah menjadi suatu tren gaya hidup baru bagi sebagian besar masyarakat Inggris. Berdasarkan British Coffee Association (BCA), setidaknya 95 juta cangkir kopi per hari dikonsumsi masyarakat Inggris pada 2018.

“Sebagai salah satu negara produsen dan pemasok kopi terbesar di dunia, Indonesia harus dapat memanfaatkan peluang dan potensi besar tersebut dengan meningkatkan ekspor kopi ke Inggris,” tandas Nur Rakhman.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Indonesia, total ekspor kopi Indonesia ke Inggris pada 2018 mencapai USD24,49 juta dengan volume ekspor mencapai 7,57 ribu ton.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here