Kuatkan Riset Keagamaan, Kemenag Luncurkan Program ARKAN

428
Arskal-Salim (Foto: Daulat.co)

Bogor, Muslim Obsession – Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan program Agenda Riset Keagamaan Nasional (ARKAN) untuk menguatkan riset tentang keagamaan di Indonesia.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Arskal Salim, mengatakan program ini merupakan bagian dari komitmen Kemenag mengembangkan riset di bidang keagamaan.

” Pemerintah melalui Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi RI telah menyusun Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) sebagai acuan pembangunan IPTEK dalam jangka waktu 28 tahun (2017-2045),” ujar Arskal saat Annual Conference on Research Proposal (ACRP) di Bogor, Rabu (18/7/2018).

Arskal menjelaskan ada sepuluh fokus riset yang tertuang dalam RIRN. Meski demikian, kata dia, hanya ada satu fokus yang memuat studi sosial humaniora.

“Kementerian Agama RI terdorong untuk membuat Agenda Riset Keagamaan Nasional (ARKAN) yang di dalamnya memuat peta riset keagamaan yang berbasis integrasi keilmuan, pluralisme agama dan moderasi agama,” ucapnya.

Dengan riset Kemenag diharapkan Indonesia tidak hanya mengejar perkembangan IPTEK namun juga sebagai pusat destinasi studi Islam dunia.

Arskal menyebut visi ARKAN adalah menjadikan Indonesia sebagai pusat studi Islam dan pluralisme yang unggul baik dari ilmu agama maupun sains. Dia berharap, riset keagamaan mampu memberikan kontribusi bagi pengembangan dan peningkatan kehidupan akademik yang inovatif dan umat yang lebih berkeadilan, toleran, moderat, sejahtera, dan berdaulat. (Bal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here