Kreatif! Pelajar Indonesia Ciptakan Sajadah Anti Corona

151

Muslim Obsession – Ibadah shalat berjamaah di tengah pandemi Covid-19 ini mungkin menjadi suatu yang menakutkan bagi seseorang, lantaran salah satunya karena kekhawatiran tertular virus melalui sajadah.

Nah, saat ini Anda tidak perlu khawatir lagi. Pelajar berprestasi siswa-siswi SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya berinovasi memproduksi “SAJANA” atau Sajadah Anti Corona.

SAJANA atau Sajadah Anti Corona produksi ini terbuat dari bahan plastik dan perlak yang mudah untuk dibersihkan dari virus atau bakteri, yakni dengan cara disemprot atau dilap menggunakan cairan disinfektan.

Wardatul Ummah, Guru mata pelajaran Prakarya mengatakan saat disemprot disinfektan catnya tidak akan mudah hilang karena menggunakan cat khusus.

Baca Juga: Apa Hukumnya Jadi Makmum Shalat Tarawih yang Disiarkan Live?

“Karena ini catnya memang cat khusus ya jadi saat di saat terkena air atau disinfektan tidak masalah,” jelasnya seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima redaksi pada Kamis (15/4).

Sajadah plastik beraneka warna berukuran 60 x 120 cm ini oleh siswa ditambahkan motif lukis beragam corak, agar lebih menarik dan menambah semangat pemakainya untuk lebih giat beribadah shalat.

Tidak lupa untuk menginggatkan protokol kesehatan, di kanan bawah SAJANA disematkan tulisan “Sesudah Shalat, Semprot/Dilap Disinfektan” atau tulisan “Ayo: Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun dan Jaga Jarak Sosial”.

Selanjutnya, seluruh produk akan dipasarkan oleh siswa dan guru melalui media sosial mereka, yang diharapkan bisa laku untuk keperluan ibadah saat Ramadhan dan Idul Fitri.

Melalui kegiatan ini, SMP Muhammadiyah 5 Surabaya mengharapkan anak didiknya untuk memberi sumbangsih bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah shalat serta memberikan peluang usaha sebagai pendidikan ekonomi kreatif atau entrepreneur sejak dini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here