Kotak Nasi itu Adalah Batu Bangunan Istana di Surga

429

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Ada dua nikmat besar yang telah Allah Swt. anugerahkan kepada kita, yaitu nikmat ISLAM dan nikmat IMAN.

Mari kita syukuri kedua nikmat ini dengan meningkatkannya menjadi IHSAN, yaitu kenikmatan Islam dan Iman kita, tidak hanya dirasakan oleh diri kita saja, tetapi kita berbagi, sehingga orang lain dan makhluk lain juga ikut merasakan kebaikan keberagamaan kita.

BACA JUGA: Terbangun Karena Mimpi Buruk dan Cara Menyikapinya

Saat Rasulullah ﷺ ditanya, “Berislam yang bagaimanakah yang paling baik? Rasulullah ﷺ menjawab, “Rajin memberi makan dan rajin memberi salam dengan wajah senyum”.

TRUE STORY:

Rasulullah ﷺ bersabda:

أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الإِسْلاَمِ خَيْرٌ؟ قَالَ تُطْعِمُ الطَّعَامَ وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لَمْ تَعْرِفْ. (رواه البخاري ومسلم وابو داود والنسائي وابن ماجة)

“Ketika ada orang bertanya kepada Rasulullah ﷺ, “Berislam yang bagaimanakah yang terbaik?” Rasulullah ﷺ menjawab, “Engkau rajin memberi makanan, dan mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenal dan orang yang tidak engkau kenal,” (Hadits Sahih Riwayat Al-Imam Al-Bukhari, Muslim, Abu Daud, An-Nasai dan Ibnu Majah).

BACA JUGA: Dosa Ghibah Lebih Besar dari Zina

POINTERS:

1. Usahakan setiap hari memberi makanan dan minuman kepada anak-anak Yatim, pemulung, tenaga kebersihan dan orang orang tak berpunya lainnya, minimal sekotak atau sebungkus nasi dan sebotol air minum.

2. Tidak hanya memberi makan kepada orang, tapi juga kepada hewan. Berilah makanan, minuman kepada kucing, anjing, burung-burung yang kelaparan, kehausan, atau siramlah tanaman yang kekeringan.

3. Pahala kotak-kotak nasi, makanan dan botol-botol air minuman itulah yang mempercepat kesembuhan, mempermudah segala langkah, menjauhkan dari segala penyakit hati, dan pahala kotak kotak nasi, makanan dan botol botol air itu pulalah kelak yang menjadi bangunan istana di Surga.

BACA JUGA: Tiga Doa dari Rasulullah Agar Mudah Lunasi Utang

4. Karena kebahagiaan dan doa-doa orang serta Tasbihnya hewan hewan yang kita beri itulah, Allah pun membahagiakan hidup kita di dunia dan di akhirat.

5. Dahuluilah memberi salam karena salam adalah doa yang hakikatnya akan kembali kepada kita.

6. Senyumlah selalu. Senyum meningkatkan imunitas. Sebaliknya, cemberut, sedih dan marah marah adalah pintu masuknya berbagai penyakit dan kesukaan Jin untuk masuk menganggu.

BACA JUGA: Kisah Nyata Sahabat Nabi yang Menangis Karena Mengintip Perempuan Mandi

Pesan Rasulullah ﷺ:

لا تغضب! لا تغضب! لا تغضب

“Jangan suka marah-marah (diulanginya sampai 3 kali)”.

Semoga Allah Swt. senantiasa menganugerahkan kita kemampuan untuk selalu bersedekah makanan dan senyum ramah.

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here