Korem 172 Jayawijaya Apresiasi Aksi Kemanusiaan Parmusi di Wamena

894

Wamena, Muslim Obsession – Kepala Penerangan Korem 172 Jayawijaya, Praja Wira Yakti, Mayor Inf. Eka Yudha memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) yang telah melakukan aksi nyata membantu para korban konflik kemanusiaan di Wamena.

“Saya ucapkan terima kasih banyak atas bantuannya dari Parmusi, kepada bapak ketuanya sendiri yang sudah menyerahkan langsung bantuannya ke posko kami,” ujar Mayor Eka seperti dikutip dalam wawancara ACT yang diunggah di laman Facebook, Sabtu (5/10/2019).

Aksi kemanusian Parmusi di Wamena dikoordinir oleh Ustadz Hamka Yeli Pali yang juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Daerah Parmusi Jayawijaya. Mayor Eka salut dengan aksi kader-kader Parmusi yang digerakan Ustadz Hamka. Ia berharap Parmusi bisa terus bersinergi dengan aparat untuk menciptakan keamanan dan ketertiban.

“Kami harapkan bersama juga situasinya bisa kembali normal. Damai yang ada di Wamena ini khususnya. Sehingga kita bisa hidup berdampingan membantu saling menolong,” jelasnya.

Ustadz Hamka sendiri menyatakan, penanganan bencana kemanusiaan yang dilakukan Parmusi di Wamena diwujudkan dengan mengirim bahan makanan, sembako dan sayur-sayuran untuk para korban. Bantuan sudah diberikan dari hari pertama tanggap darurat sampai saat ini.

“Kami dari salah satu organisasi terbesar di Indonesia, yakni Parmusi, dan kebetulan saya sendiri adalah Ketua Pengurus Daerah Parmusi Jayawijaya.
Hari ini kami berikan bantuan berupa sayur-sayuran kepada saudara-saudara kami yang lagi mengungsi di sini,” ujarnya.

Dengan kejadian ini, Ustadz Hamka berharap sekaligus berpesan kepada saudara-saudaranya di Papua agar tidak melakukan tindakan negatif yang bisa mengulang kejadian serupa.

“Kami berharap daerah kami ini aman nyaman sesuai demgan moto kami DANI, yakni damai, aman, nyaman dan indah. Itu harapan kami,” tegasnya.

Aksi kemanusiaan ini juga mendapat apresiasi dari sejumlah netizen. Mereka bangga dengan perjuangan kader Parmusi dalam membantu para korban di Wamena. Warganet banyak mendoakan semoga Parmusi tetap jaya, dan Ustadz Hamka selalu diberikan kesehatan.

“Terima kasih Parmusi sudah berikan bantuan untuk rakyat Wamena. Semoga semakin maju,” ujar pemilik akun FB @kamal khomsatul huda.

“Mantap Ustadz Hamka semoga Parmusi semakin berkibar di bumi Papua,” doa dari pemilik akun FB @amin chilunk.

“Terima kasih Ustadz Hamka dan sobat Parmusi atas bantuanya. Semoga Papua semakin damai. Kita satu negeri. Indonesia!” ucap pemilik akun FB @imam fathurrohman.

“Alhamdulillah…. Mg bp hamka dan teman-teman sehat selalu. Tabah menghadapi ujian dan cobaan yang allah berikan, serta tawakal dalam iman dan islam,” ujar pemilik akun @Tet Arif Sugeng.

Diketahui gerakan Parmusi Save Help Wamena adalah intruksi langsung dari Ketua Umum PP Parmusi H. Usamah Hisyam. Gerakan ini adalah upaya nyata kepedulian Parmusi terhadap para korban di Wamena.

Parmusi tidak hanya memberikan kecaman kepada pelaku perusuh. Tapi juga turun ke bawah menyatu dengan masyarakat dan aparat.

“Parmusi bergerak tidak hanya menekankan konsep dakwah bil hikmah, tapi juga dakwah bi hal dengan terjun langsung memberikan bantuan dan terobosan solusi kepada masyarakat. Ini lebih baik dari pada hanya berani mencaci,” ujar Usamah.

Gerakan Parmusi Save Help Wamena dicanangkan Usamah saat menghadiri acara Muswil Parmusi Jateng minggu lalu. Dari penggalangan itu terkumpul dana Rp50 juta dan sudah dikirim langsung kepada Ustadz Hamka yang bertugas di sana.

Usamah terus mengajak kepada seluruh kader Parmusi dan masyarakat untuk gotong royong mengulurkan tangan membantu para korban di Wamena.

“Persoalan kemanusian ini bukan hanya menjadi beban pemerintah semata, tapi menjadi beban kita bersama. Karena mereka bukan orang lain, mereka adalah saudara kita sebangsa dan setanah air,” tandasnya.

Adapun bahan makanan yang didistribusikan berupa beras, mie instan, roti biskuit, sayuran, minyak, susu, gula, kopi, teh, air mineral, terigu, sabun mandi, sabun cuci, pasta gigi dan lain-lain. Bahan makanan pokok itu akan dikirim ketiga tempat pengungsian, yakni Kantor Kodam Jayawijaya, Kantor Polres Wamena, dan Asrama Polisi di Wamena.

Bagi yang ingin mengulurkan tangan membantu para korban konflik kemansiaan di Wamena bisa dikirim ke Rekening resmi Parmusi atas nama Persaudaraan Muslimin Indonesia, Bank BNI Syariah: 0888078873. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here