Korea Utara Bantah Pasok Senjata Kimia ke Suriah

542
Bendera Korea Utara

Seoul, Muslim Obsession – Korea Utara (Korut) membantah negaranya bekerja sama dengan Suriah untuk menyuplai senjata kimia. Korut mengklaim isu tersebut hanya rekayasa Amerika Serikat (A.S.).

Juru Bicara Korut mengatakan A.S. telah membuat argumen yang tidak masuk akal. Ia bahkan menentang adanya senjata kimia itu sendiri, sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (2/3/2018).

“Seperti yang telah kami katakan dengan jelas beberapa kali, negara kami tidak mengembangkan, memproduksi atau menimbun senjata kimia,” tuturnya di kantor berita KCNA, agensi berita sentral Korea.

Robert Wood, Duta Besar Amerika Serikat untuk Konferensi Perlucutan Senjata mengatakan, ada sejarah hubungan antara kedua negara terkait dengan aktivitas rudal dan komponen senjata kimia.

Dalam sebuah laporan rahasia PBB, bahkan disebutkan dua kapal pengiriman dari Korea Utara ke sebuah badan pemerintah Suriah yang bertanggung jawab atas program senjata kimia, telah berhasil dicegat dalam enam bulan terakhir.

Sebelumnya, badan pengawas senjata kimia dunia di Den Haag membuka sebuah penyelidikan terkait penyerangan di wilayah Ghouta, Suriah yang dikuasai pemberontak.

Hal tersebut, untuk menentukan apakah ada amunisi terlarang yang telah digunakan. Dilaporkan, selama pengeboman di Ghouta sepekan terakhir, lebih dari 500 meninggal dunia dan 2.000 lainnya luka-luka. (Vina)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here