Kopi Sehat UBM: Antara Shalat dan Shaum

64

Oleh: Ustadz Buchory Muslim (Ketua Lembaga Komunikasi dan Penyiaran Islam PP PARMUSI – Direktur An-Nahl Institute Jakarta)

Rukun Islam yang satu dan yang lainnya adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan. Masing-masing dari lima rukun ini memberikan fungsi, dampak serta pahala tersendiri.

Khususnya untuk shalat, tentu menjadi ukuran tersendiri apalagi dilihat dari  fungsi, dampak dan pahalanya. Apatah lagi kita tahu bahwasanya shalat adalah tiang agama yang paling pertama dihisab di hari tanpa perlindungan, kecuali perlindungan Allàh تعالى sendiri.

Adalah satu hal yang kelihatan janggal bin aneh, jika orang yang shaum tetapi tak mau shalat. Atau orang shalat tapi tak mau shaum. Akan berbeda lagi hukumnya, jika menganggap shalat adalah sesuatua yang bukan wajib atau perintah dari Allàh تعالى.

Karenanya, dapat diibaratkan orang yang shaum, tapi malas-malasan untuk shalat adalah orang yang memakai baju atau atasan tetapi tak memakai celana atau bawahannya. Sungguh tak kan sempurna!

Semoga kita semua dapat menjaga dan menyempurnakan semua rukun keislaman kita sehingga dapat meraih apa yang seharusnya diraih oleh Muslim yang beriman. Aàmiin Yaa Salám…

والله أعلم وبارك الله فيكم

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here