Kolagen: Perisai Terbaik Melawan Penuaan

220
Sup kaldu tulang kaya kolagen (Foto: Daily Sabah)

Muslim Obsession – Sup kaldu tulang adalah sumber kolagen yang baik. Kolagen adalah bagian penting dari persendian, tulang, otot, dan terbukti bermanfaat di hampir setiap iklan anti penuaan kulit.

“Kolagen adalah protein yang ada dalam tubuh kita tetapi harus ditambah,” kata ahli gizi Ayşenur Fişek, dilansir Daily Sabah, Selasa (17/12/2019) menunjukkan bahwa depot kolagen kita mulai menipis setelah usia 25 tahun.

Menggarisbawahi manfaat kolagen sebagai bahan penyusun untuk kulit, otot, dan persendian yang sehat, Fişek mengatakan bahwa protein memiliki efek penyembuhan pada mata dan juga rambut. 

“Protein membantu menjaga integritas tulang rawan di persendian Anda, dan membuatnya lebih fleksibel, yang bahkan bisa menghilangkan rasa sakit pada persendian,” ujarnya.

Kolagen ini juga dapat menghentikan penuaan organ yang cepat, terutama mata dan kulit, yang merupakan komponen utama kolagen. Protein tidak hanya memperkuat kulit tetapi juga dapat membantu dengan tingkat hidrasi dan elastisitasnya.

Tak hanya itu, kolagen juga dapat mengurangi risiko gangguan tulang seperti osteoporosis dan mencegah keropos tulang, karena tulang itu sendiri sebagian besar terdiri dari kolagen juga.

Dengan bertambahnya usia, penurunan kadar kalsium ditambah dengan hilangnya kolagen yang cepat dapat membuat tulang rapuh dan menyebabkan mereka lebih mudah patah.

Fişek menyarankan orang harus mengonsumsi satu mangkuk kaldu tulang untuk menambah asupan kolagen harian mereka.

“Diet harian Anda harus mencakup produk-produk seperti daging dan kaldu tulang,” katanya, seraya menambahkan bahwa sayuran hijau dan berdaun, seperti asparagus, juga sangat kaya akan kolagen.

Namun, Fişek juga memperingatkan orang-orang agar tidak mengkonsumsinya dalam jumlah berlebih.

“Hanya karena kami menyarankan kaldu tulang, orang-orang sudah mulai meminumnya dengan ember. Karena itu, kadar kolesterol mereka telah melambung tinggi dan mereka telah bertambah gemuk. Saya sarankan kaldu tulang tetapi hanya sampai satu mangkuk sehari,” pesannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here