Kisah Penduduk Mesir Saat Peristiwa Wabah Hitam

1206

Muslim Obsession – Syaikh Ali Jum’ah berkata, “Penduduk Mesir masa itu dua puluh juta orang. Lalu terjadi peristiwa wabah hitam atau wabah besar tahun 749 Hijrah.

Kemudian penduduk Mesir hanya tinggal dua setengah juta pada masa Muhammad Ali Pasha. Imam Ibnu Hajar Al-‘Asqalani bercerita tentang peristiwa itu.

“Harta warisan berpindah ke sembilan rumah dalam satu hari, saking parahnya wabah. Orang-orang berkumpul untuk membaca Shahih Al-Bukhari agar wabah diangkat,” ujarnya.

Perkumpulan orang banyak itu justru menjadi penyebaran wabah. Karena perbuatan seperti ini bukanlah tindakan Rasulullah Saw dalam menanggulangi wabah.

Rasulullah Saw. bersabda, “Larilah dari orang kena penyakit menular seperti engkau lari dari singa”.

 

Sumber: Instagram Ustadz Abdul Somad (UAS)

View this post on Instagram

. Syaikh Ali Jum'ah berkata: "Penduduk Mesir masa itu dua puluh juta orang. Lalu terjadi peristiwa wabah hitam atau wabah besar tahun 749 Hijrah. Kemudian penduduk Mesir hanya tinggal dua setengah juta pada masa Muhammad Ali Pasha. Imam Ibnu Hajar al-'Asqalani bercerita tentang peristiwa itu, "Harta warisan berpindah ke sembilan rumah dalam satu hari, saking parahnya wabah. Orang-orang berkumpul untuk membaca Shahih al-Bukhari agar wabah diangkat. . Perkumpulan orang banyak itu justru menjadi penyebaran wabah. Karena perbuatan seperti ini bukanlah tindakan Rasulullah Saw dalam menanggulangi wabah. Rasulullah Saw bersabda, "Larilah dari orang kena penyakit menular seperti engkau lari dari singa".

A post shared by UAS عبد الصمد (@ustadzabdulsomad_official) on

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here