Kisah Iblis Memenangkan Pertarungan Melawan Ahli Ibadah

3359

Tetapi pada pagi hari ketiga dan pagi hari setelahnya dia tidak mendapati sesuatu apa pun. Merasa kecewa atas kejadian itu, ahli ibadah menjadi marah dan mengambil kapaknya. Iblis kembali menghadangnya dalam bentuk seorang Syekh.

“Mau ke mana kamu?”

“Aku akan menumbangkan pohon itu.”

“Demi Allah, kamu tidak akan mampu melakukannya. Dan kamu tidak akan mendapatkan jalan menuju pohon itu.”

Sang ‘Abid menyergap Iblis sebagaimana ia melakukannya pada kejadian pertama.

“Tidak mungkin,” kata iblis.

Lalu Iblis membekuk sang ‘Abid dan membantingnya. Dalam sekejap dia menjadi seperti burung kecil di antara dua kaki Iblis. Iblis duduk di atas dadanya dan berkata, “Berhentilah dari urusan ini. Apabila tidak, aku akan membunuhmu.”

Kini sang ‘Abid tidak memiliki kekuatan untuk melawan Iblis.

“Wahai Syekh, kamu sekarang telah mengalahkanku. Lepaskanlah aku dan beritahukanlah kepadaku mengapa dulu aku bisa mengalahkanmu, tapi sekarang kamu yang mengalahkanku,” tanya ahli ibadah.

“Karena pada kali pertama kamu marah, kamu melakukan itu karena demi Allah, dan niatmu adalah akhirat sehingga Allah menundukkanku untukmu. Tetapi kali ini kamu marah demi dirimu sendiri dan demi dinar-dinar yang aku hentikan untukmu,” pungkas Iblis.

 

Sumber: Kisah ini ditulis Imam Al-Ghazali dalam Ihya’ Ulumid Din jilid empat ketika sang Hujjatul Islam memaparkan tentang “Keutamaan Ikhlas” dengan analogi cerita. Lihat: NU

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here