Kisah Ahli Puasa Dzulhijjah Diziarahi Nabi dan Para Sahabat

1374
Jamaah Haji (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah 1439 H jatuh pada Senin, 13 Agustus 2018. Sehingga dapat dipastikan bahwa Hari Raya Idul Adha 2018 jatuh pada 22 Agustus 2018.

Untuk itu, umat Muslim alangkah baiknya memanfaatkan momen Dzulhijjah ini dengan amalan-amalan shalih. Karena terdapat banyak keutamaan, terutama pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari, dari Ibnu ‘Abbas bahwa Nabi Saw. bersabda, “Tidak ada hari di mana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah dari pada hari-hari ini, yaitu sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya, Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah? Beliau menjawab, Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun”.

Imam Ahmad meriwayatkan dari Umar, bahwa Nabi Saw. bersabda, “Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan di dalamnya daripada sepuluh hari (Dzulhijjah) ini. Maka perbanyaklah pada saat itu tahlil, takbir dan tahmid”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here