Kiai Said ke Andre Taulany: Tuhan Itu Maha Pengampun

305
Andre Taulany dan Kiai Said (Foto: NU)

Jakarta, Muslim Obsession – Presenter sekaligus komedian Andre Taulany mengunjungi gedung PBNU Jakarta untuk bertemu dengan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj.

Kepada Andre, Kiai Said menyatakan bahwa semua manusia pasti memiliki kesalahan. Namun, Kiai Said mengingatkan bahwa manusia yang baik, ialah yang mau mengakui kesalahannya (bertaubat).

“Jadi sebaik-baik orang yang salah itu kalau sudah merasa salah, itu bertaubat, kullu bani adam khotto’un’, wa khoirul khottoina attawaabun,” kata Kiai Said, Rabu (8/5/2019).

Menurut Kiai Said, Allah itu Maha Pengampun. Sehingga siapa pun tidak boleh pesimis terhadap ampunan Allah. Sikap pesimis yang dimaksud seperti ‘Tuhan itu mengampuni dosa saya apa tidak’.

“Gak boleh (seperti itu), (kita) harus yakin Tuhan itu Maha Pengampun. Kalau ragu, malah dosa lagi,” ucapnya.

Lantas, di hadapan Andre, Kiai Said melantunkan salah satu bait syair Qasidah Burdah yang berisi tentang ampunan Allah.

Wahai jiwa janganlah putus asa karena dosa besar yang telah dilakukan. Sesungguhnya dosa-dosa besar dalam luasnya ampunan Allah seperti kecil dan ringan.

Kiai Said melanjutkan bahwa Al-Quran sendiri menyatakan tentang ampunan Allah seperti dalam Surat Al-Furqan ayat 70.

Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh, maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan.

“Jadi jangan putus asa, itu masalah kecil, (kekhilafan Andre tentang candaannya terhadap Nabi Muhammad Saw. khilaf, tidak sengaja,” ucapnya.

Kiai Said mengatakan, agama Islam memiliki ajaran yang toleran terhadap orang yang melakukan sesuatu karena lupa. Ia mencontohkan bagaimana orang yang berpuasa, namun di siang hari minum atau makan karena kelupaannya, maka puasanya tidak batal.

“(Orang yang sedang) puasa kalau lupa makan sampai kenyang, gak batal (karena) lupa, tapi lupa, loh, ya, jangan pura-pura lupa,” ucapnya disambut tawa Andre.

Sebagaimana diketahui, Andre Taulany sedang menjadi perhatian publik atas dugaan menghina Nabi Muhammad melalui candaannya di salah satu stasiun televisi pada 2017. (Vin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here