Kiai Ma’ruf: Umat Jangan Berpikir Tekstual dan Liberal

268
Ma'ruf Amin - Kalimantan Timur
KH Ma'ruf Amin menghadiri acara Silaturrahmi bersama Jaringan Kiai-Santri Nasional (JKSN) dan Aliansi Masyarakat Kalimantan Timur di Balikpapan, Kalimantan Timur. (Foto: Timses)

Samarinda, Muslim Obsession – Calon Wakil Presiden nomor urut 01, KH. Ma’ruf Amin mengingatkan umat Islam di Tanah Air untuk tidak berpikir terlalu tekstual dan tidak juga liberal.

Menurutnya, umat Islam seyogianya berpikir moderat dengan mengedepankan Islam Wasathiyah (Islam pertengahan).

“Islam Wasathiyah adalah Islam yang berpikir tidak tekstual, tidak liberal. Kemudian bisa menyelesaikan persoalan-persoalan kebangsaan,” tutur Kiai Ma’ruf di hadpaan peserta Dialog Nasional Keagamaan dan Kebangsaan di Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis malam (21/3/2019).

Mantan Rais Aam PBNU ini menegaskan, Islam Wasathiyah tidak menggunakan cara-cara kekerasan untuk menyelesaikan persoalan. Selain itu, Islam Wasathiyah juga menjauhi cara-cara yang tidak terpuji dalam mewujudkan keinginannya.

“Menggunakan cara-cara yang tidak terpuji, seperti hoax dan fitnah itu tidak sesuai dengan prinsip Islam Wasathiyah. Itu berbahaya dan merusak, dan bisa menimbulkan konflik yang tidak perlu,” tegasnya.

Kiai Ma’ruf yang juga Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) nonaktif ini mengajak umat Islam Indonesia melaksanakan Islam yang sesungguhnya sebagai rahmatan lil ‘alamin. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here