Kiai Ma’ruf Bersyukur Habib Rizieq Tak Ditahan

476
Habib Rizieq Shihab
Habib Rizieq Shihab (Foto: YouTube)

Jakarta, Muslim Obsession – Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab sempat diperiksa otoritas Kerajaan Arab Saudi lantaran bendera yang diduga mirip dengan bendera ISIS terpasang di depan rumahnya.

Menanggapi hal tersebut, calon wakil presiden nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin bersyukur aparat keamanan Saudi tak menahan Rizieq, “Ya bagus, dia bebas,” ucapnya di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Kamis (8/11/2018).

Menurut dia, hal tersebut berkat peranan Kedutaan Besar Indonesia untuk Saudi di sana. Kiai Ma’ruf pun mengapresiasi kerja Konsulat Jenderal di sana.

“Karena dijamin oleh Konsulat Jenderal kita di sana, bagus,” tukasnya.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia itu tak menjelaskan bagaimana hukum di Saudi terkait aturan penggunaan bendera yang diduga dipakai menjadi penyebab penahanan Rizieq.

“Waduh jangan tanya saya itu,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) membenarkan kabar Habib Rizieq Shihab yang sempat diperiksa oleh otoritas kepolisian Arab Saudi. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir menjelaskan kronologi diterimanya informasi penahanan Habib Rizieq hingga pelepasannya oleh polisi.

Pada Senin (5/11/2018), Kemenlu menerima pengaduan dari sejumlah pihak mengenai penahanan seorang WNI atas nama Muhammad Rizieq Shihab (MRS) oleh aparat keamanan Arab Saudi di Mekkah.

Untuk mengklarifikasi kebenaran informasi tersebut, Kemenlu telah meminta Pejabat Fungsi Konsuler KJRI Jeddah untuk melakukan penelusuran.

“Dari hasil penelusuran diperoleh konfirmasi bahwa Rizieq Shihab sedang dimintai keterangan oleh aparat keamanan Arab Saudi di Mekkah,” Nasir melalui keterangan tertulisnya, Rabu (7/11/2018).

Menurut Nasir, Habib Rizieq diperiksa karena ada laporan warga negara Saudi yang melihat bendera yang diduga mirip dengan bendera ISIS terpasang di rumah Habib Rizieq Shihab di Mekkah. Oleh karena itu, Kemenlu pun segera menindaklanjuti laporan tersebut dengan memberikan pendampingan kepada Habib Rizieq Shihab.

“Pejabat Fungsi Kekonsuleran KJRI Jeddah telah memberikan pendampingan kekonsuleran kepada Rizieq Shihab sebagaimana yang diberikan kepada semua WNI yang menghadapi masalah hukum di luar negeri,” ungkapnya.

Namun Kemenlu juga mengkonfirmasi bahwa saat ini Rizieq Shihab telah dibebaskan kembali. “Informasi terakhir yang diterima Rizieq Shihab telah dizinkan oleh otoritas keamanan Saudi untuk kembali ke rumahnya di Mekkah pada sekitar 20.00 tadi malam (waktu setempat),” tuturnya. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here