Keutamaan Membaca Surat Al-Ikhlas Bagi Orang Sakit yang Akan Meninggal

172

Jakarta, Muslim Obsession – Setiap mengalami sakit, kita wajib untuk terus berikhtiar agar bisa sembuh dengan cara berobat dan berdoa. Namun ada beberapa orang yang sakit tapi kecil harapannya untuk sembuh karena faktor usia yang sudah tua dan sakitnya yang begitu parah.

Namun dengan kondisi seperti itu, keluarga si sakit diharapkan tidak panik dan bersedih, sekalipun orang yang disayangi sebenarnya sudah dekat dengan kematian.

Dan bagi mereka yang usianya semakin dekat dengan kematian karena sakit yang dideritanya, ada baiknya bersikap tenang. Dalam keadaan tenang itu, mereka bisa membaca amalan-amalan yang bermanfaat di saat terakhirnya.

Sayid Alwi bin Ahmad Assegaf dalam karyanya Majmu’atu Sab’ati Kutub Mufidah mengatakan, bagi orang yang sakit dan sudah dekat dengan kematian, disarankan untuk membaca surat Al-Ihklas.

من قرأ قل هو الله أحد في مرض موته مئة مرة لم يفتن في قبره وأمن من ضغطة القبر وجاوز الصراط على أكف الملائكة اهـ من فتح المعين

“Siapa saja yang membaca surah Qul Hu atau Al-Ikhlas 100 kali di waktu sakit menjelang kematiannya, tidak akan mengalami fitnah kubur; aman dari himpitan kubur; dan melewati jembatan Shiroth di atas telapak tangan malaikat”. Dikutip dari Fathul Mu’in.

Semoga amalan ini teringat, agar sempat diamalkan di akhir-akhir masa hidup kita. Tentunya dengan harapan meninggal dengan husnul khatimah atas izin Allah SWT. Aamiin. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here