Ketika Berdoa, Hindari Kata “Jika”

132

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Saat berdoa, yakinlah dengan haqqul yaqin bahwa doa akan dikabulkan. Agar doa dikabulkan, hindarilah kata-kata: “Jika Engkau menghendaki”. Kalimat ini diucapkan jika merencanakan sesuatu.

Rasullullah ﷺ mengingatkan:

عن ابى هريرة رضى الله عنه قال ، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لا يقل أحدكم :اللهم اغفر لي إن شئت، اللهم ارحمني إن شئت، ليعزم المسألة، فإنه لا مكره له

“Janganlah ada yang berdoa dengan mengatakan: “Yaa Allah, ampunilah aku jika Engkau menghendaki, atau berdoa: “Yaa Allah, rahmatilah aku jika Engkau menghendaki”. Akan tetapi hendaklah berkeinginan KUAT dalam doanya. Karena sungguh Allah itu, tidak ada sesuatu apapun yang memaksa-Nya untuk berbuat sesuatu, (Hadits Shahih dari Abu Hurairah RA).

BACA JUGA: Orang yang Peduli Masjid Akan Dilindungi Allah Ta’ala

Pada hadits shahih yang lain, Rasulullah ﷺ kembali menegaskan:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :إِذَا دَعَا أَحَدُكُمْ فَلَا يَقُلْ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي إِنْ شِئْتَ وَلَكِنْ لِيَعْزِمْ الْمَسْأَلَةَ وَلْيُعَظِّمْ الرَّغْبَةَ فَإِنَّ اللَّهَ لَا يَتَعَاظَمُهُ شَيْءٌ أَعْطَاهُ

“Apabila berdoa, janganlah mengatakan: “Yaa Allah, ampunilah aku jika Engkau kehendaki”, namun bersungguh-sungguhlah dalam meminta, dan mintalah yang terbaik. Yakinlah dikabulkan, karena sungguh tidak ada sesuatu yang sulit bagi Allah untuk mengabulkan doa,” (Hadits Shahih Riwayat Al-Imam Muslim).

Kata-kata “Jika Allah menghendaki” menunjukkan bahwa yang berdoa KURANG yakin doanya akan dikabulkan.

BACA JUGA: Selamat dari Siksa Kubur Karena Bacaan Al-Quran

Dan kata kata itu, juga menunjukkan seakan-akan, yang berdoa mengira Allah Ta’ala merasa keberatan dengan permintaan hamba-Nya, atau merasa terpaksa untuk memenuhi permohonan hamba-Nya.

MAKA:

Hindarilah berdoa dengan kalimat: “Jika Engkau kehendaki”, tapi berdoalah dengan kata-kata yang TEGAS tanpa syarat “jika”.

Sungguh Allah itu Maha Pemurah lagi “WAHHAAB” Maha Pemberi. Yakinlah doa pasti diijabah. Dan Allah SWT mengijabah pada waktu yang terbaik buat kita. Maka berdoalah yang baik-baik dengan penuh keyakinan diijabah.

Semoga Allah SWT senantiasa mengabulkan doa-doa kita. Aamiin Yaa Allah.

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here