Kenali Faktor Kanker Usus, Seperti Dialami Istri Ustadz Maulana

1983
Ustadz Maulana

Muslim Obsession – Kabar duka datang dari keluarga Ustadz Maulana. Sang istri, Nuraliyah Ibnu Hajar meninggal dunia pada Ahad (20/1/2019) sore di Makassar. Istri Ustadz Maulana meninggal akibat kanker usus yang terdeteksi sejak tahun lalu.

Kabar meninggal sang istri diumumkan langsung oleh Ustadz Maulana lewat unggahan di instagram pribadi miliknya pada hari itu juga.

“Telah berpulang Ibu Nuraliyah Ibnu Hajar (Istri dari Ustadz Nur Maulana), pada hari Ahad 20 Januari 2019 jam 16.21 WIB di RS Bhayangkara Makassar,” tulis Ustadz Maulana.

Penyebab sakitnya istri Ustadz Maulana diketahui karena kanker usus. Ustadz yang akrab dengan sapaan “Jamaah” setiap membawakan ceramah ini menerangkan bahwa sang istri sebenarnya sudah menderita kanker usus sejak 7 tahun yang lalu tapi baru ketahuan pada September 2018.

Ustadz Maulana bercerita bahwa sebenarnya hari ini, Senin (21/1/2019) sang istri akan dibawa ke Malaysia untuk berobat. Hanya saja pada Sabtu (19/1/2019) kondisinya mulai menurun dan akhirnya meninggal dunia pada Ahad (20/1/2019).

Faktor risiko kanker usus

Kanker usus yang diderita istri Ustadz Maulana cukup mengejutkan karena sebelumnya tidak ada pemberitaan terkait hal tersebut. Soal penyakit kanker usus, menarik untuk dicermati apa saja yang menjadi faktor risiko kanker usus terjadi pada seseorang. Berikut ini adalah berbagai faktor risiko kanker usus menurut Mayo Clinic:

  • Usia

Sebagian besar orang yang memiliki kanker usus berusia lebih dari 50 tahun. Meski kanker usus dapat terjadi pada orang yang lebih muda, jumlahnya hanya sedikit.

  • Ras Afrika-Amerika

Ras Afrika-Amerika memiliki risiko lebih besar terkena kanker usus daripada orang-orang dari ras lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here