Kemenag Rencanakan Bangun Museum dan Tower Haji Indonesia

103
Haji dan Umrah (Foto: Istimewa)

Semarang, Muslim Obsession – Kepala Biro Perencanaan Kementerian Agama, Ali Rokhmad, mewacanakan pendirian museum haji dan tower haji Indonesia.

Wacana itu disampaikan saat memberikan materi pada kegiatan Penyusunan Perencanaan Anggaran Baseline Tahun 2020 Program Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

“Bisa jadi ke depan PHU membangun Museum Haji atau Tower Haji Indonesia melalui anggaran SBSN,” kata Ali Rokhmad di hotel Setos Semarang, Senin (11/3/2019) malam.

Di samping itu, Ali Rokhmad juga menyinggung pentingnya PHU dalam pencapaian visi dan misi Kementerian Agama. Sejalan dengan itu PHU juga memiliki visi untuk mendukung visi Kemenag.

“Visi Kemenag: Terwujudnya Masyarakat Indonesia yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, dan Sejahtera Lahir Batin dalam rangka Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong,” terang Ali Rokhmad.

Direktorat Jenderal PHU dalam visinya menyebutkan mewujudkan jamaah haji yang shalih individu dan shalih sosial. Visi tersebut menurut Ali Rokhmad sangat strategis dengan pencapaian visi Kemenag.

Direktorat Jenderal PHU juga dinilai Ali Rokhmad memiliki kinerja yang sangat jelas dan terukur. Dia bahkan mengatakan bahwa hanya PHU unit eselon I di Kemenag yang kinerjanya diukur melalui Indeks Kepuasan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

“Bahkan sejak dua tahun lalu telah mulai dilakukan penilaian kepuasan pelayanan jamaah haji di dalam negeri. Survei dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemenag,” ujar Ali Rokhmad, melalui siaran pers Ditjen PHU.

Lebih lanjut Ali Rokhmad juga menilai akuntabilitas penyelenggaraan haji selama beberapa tahun sudah sangat baik. Pemeriksaan pengelolaan keuangan penyelenggaraan haji oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Saya sangat berharap dan yakin, opini keuangan tahun ini juga akan mencapai WTP kembali,” tegasnya.

Selain itu, Ali Rokhmad juga berharap agar penyelenggaraan haji dan umrah mampu meningkatkan pembangunan ekonomi. Melalui penyelenggaraan haji diyakini akan membangkitkan berbagai bisnis dan meningkatkan daya beli masyarakat. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here