Kemenag Pinrang: Puluhan Travel Haji & Umrah, Hanya 2 yang Kantongi SK

947
Kemenag Pinrang: Puluhan Travel Haji & Umrah, Hanya 2 yang Kantongi SK

Pinrang, Muslim Obsession – Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Pinrang, Muhammad Ihwan, berupaya memperketat legalitas semua travel haji dan umrah di Kabupaten Barru. Kantor Wilayah Kementerian Agama Barru memperketat travel umrah di Kabupaten Barru.

“Ada puluhan penyelenggara perwakilan travel haji dan umrah yang ada di Pinrang, tapi jarang yang menunjukkan keabsahan atau Surat Keterangan (SK). Rata-rata jika kami minta surat keterangan travel yang dikelolanya, mereka tidak bisa menunjukkan SK yang berbadan hukum,” bebernya pada Jumat (2/2/2018).

Menurutnya, dari sejumlah travel yang terdata di Pinrang, baru dua travel haji dan umrah yang bisa menunjukkan SK-nya. Travel tersebut adalah Travel Meida Wisata dan Maulana Ounatour.

“Semua perwakilan penyelenggara travel haji dan umrah harus diketahui keberadaannya, khususnya di Pinrang,” ujarnya seperti dilansir laman Sulsel.

Ihwan juga menjelaskan terkait syarat-syarat legalitas. Selain pihak travel harus menunjukkan kantornya, juga harus ada surat rekomendasi, photo copy SK travel, kwitansi minimal 20 juta dari jamaah umrah, serta laporan jamaah di Kemenag.

“Pihak travel harus terdaftar resmi di Kemenag. Daftar jamaah juga harus jelas, biayanya juga jelas. Saya juga berharap pemerintah seharusnya ikut andil dalam hal tersebut,” pungkasnya. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here