Kemenag Bangun Pusat Belajar Tiga Bahasa di MAN 4 Bantul

62
Menag Lukman Hakim Saifuddin (Foto: Kemenag RI)

Bantul, Muslim Obsession – Kanwil Kemenag DI Yogyakarta bekerjasama dengan Kadin setempat membangun Madrasah International Language Center (MILC) di MAN 4 Bantul. MILC nantinya menjadi wadah pembibitan siswa madrasah dalam bidang bahasa: Arab, Inggris, dan Mandarin.

Peletakkan batu pertama MILC ini dilakukan Menag Lukman Hakim Saifuddin, bersama Sekda Pemprov DI Yogyakarta, Dirjen Pendidikan Islam, dan Kakanwil Kemenag DI Yogyakarta. Hadir dalam kesempatan ini, perwakilan Kadin DIY, utusan pihak perbankan,  serta jajaran Pemprov DIY, dan Pemda Bantul.

“Yogyakarta memang istimewa. Nampaknya ini baru yang pertama, madrasah bisa bersinergi dengan sejumlah lembaga lain yang sebenarnya core-nya bukan pendidikan. Kadin  misalnya, core-nya bidang usaha.  Demikian juga lembaga perbankan,” terang Menag di Bantul, Rabu (10/10/2018).

Menag menilai pembangunan MILC sebagai terobosan luar biasa. Sebab, MILC akan menjadi salah satu sarana penguatan kemampuan siswa madrasah di bidang bahasa.

“Ini sangat bermanfaat. Kita harus segera matangkan konsep pengembangan institusi ini agar bisa dicontoh Kanwil Kemenag provinsi lain dan MAN yang lain. Sehingga bisa menjadi model tersendiri tentang pengembangan kemampuan bahasa siswa madrasah,” tegas Menag.

“Ini adalah terobosan dan keistimewaan yang dimulai dari MAN 4 Bantul,” sambungnya, melalui siaran pers Kemenag RI.

Sebelumnya, Kakanwil Kemenag DI Yogyajarta Muhammad Lutfi Hamid melaporkan bahwa MILC ini dibangun bekerjasama dengan CSR Kadin DI Yogyakarta dan sejumlah perbankan. MILC  merupakan wadah pembibitan bagi siswa madrasah agar bisa belajar ke luar negeri.

Sebagai program, MILC sudah berjalan dalam beberapa tahun terakhir. Melalui proses sinergi dengan berbagai jaringan, bahkan sudah ada 11 siswa madrasah yang mendapat beasiswa penuh untuk kuliah di luar negeri.

“MILC akan menyelenggarakan pendidikan tiga bahasa, yaitu: Arab,  inggris,  dan Mandarin,  melalui pendekatan smart drill secara intensif,” ujarnya.

Gedung MILC akan dibangun di depan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Bantul,  Yogyakarta. Sekda Provinsi DIY Gatot Saptadi dalam sambutannya mengatakan kalau gedung ini dibangun di atas lahan milik Kemenag dan sewa tanah desa selama 20 tahun.

“Ini merupakan sharing Pemda untuk bisa menyelesaikan pembangunan ini,” tandasnya. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here