Jusuf Kalla: Bulan Depan Masjid Jadi Lokasi Vaksinasi Covid-19

174

Jakarta, Muslim Obsession – Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) mulai bulan depan, April masjid-masjid akan difungsikan sebagai tempat vaksinasi Covid-19 bagi warga warga.

Kalla mengatakan, kriteria masjid-masjid yang akan dijadikan lokasi vaksinasi adalah masjid-masjid yang memiliki halaman dan bangunan luas serta fasilitas pendukung lainnya.

“Mulai bulan depan vaksin akan diadakan di masjid, di masjid yang besar dan mempunyai fasilitas dan perlengkapan yang baik, seperti aula, selasar, halaman yang luas dan ruangan yang bisa dipakai untuk vaksin,” kata Kalla dalam acara pelantikan dan rakernas DMI Nusa Tenggara Barat di Mataram, Selasa (23/3/2021), dikutip dari siaran pers.

Ia mengatakan, penggunaan masjid sebagai lokasi vaksinasi itu berdasarkan kesepakatan antara DMI dan Kementerian Kesehatan.

Menurut Kalla, target untuk memberi vaksinasi kepada satu juta orang per hari sulit dicapai jika hanya dilakukan di pusat-pusat kota.

Padahal, target vaksinasi tersebut mesti dicapai untuk menciptakan imunitas di tengah masyarakat terhadap Covid-19.

“Karena itu dibutuhkan ribuan tempat untuk menjadi tempat vaksinasi dan tempat yang paling strategis adalah masjid, karena masjid itu mempunya fasilitas pendukung pelaksanaan vaksin,” ujar Kalla.

Dalam kesempatan tersebut, Kalla juga meminta agar shalat tarawih pada Bulan Ramadhan mendatang dapat dilakukan secara bergiliran dengan dua sif.

Sebab, pelaksanaan ibadah di masjid mesti memenuhi protokol kesehatan Covid-19, salah satunya menjaga jarak dengan mengurangi daya tampung masjid menjadi hanya 40 persen dari kapasitas.

“Sebagian umat tidak bisa tertampung karena harus mengikuti aturan jaga jarak, untuk itu apabila memang diperlukan demi mengakomodasi jemaah yang mau shalat tarawih, maka bisa dilaksanakan dua kali atau dua sif,” ujar Kalla. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here