Jokowi-Ma’ruf Menang Karena Umat Dengarkan Ulama

451

Subang, Muslim Obsession – Kemenangan yang diraih Paslon Nomor 01 Joko Widodo-KH. Ma’ruf Amin di Kabupaten Subang, Jawa Barat, saat Pilpres lalu diyakini karena masyarakat masih mendengar arahan para ulama.

Pengasuh Pondok Pesantren Daarus Syifa Compreng, Subang, KH. Tasyrifien AS mengatakan, umat Islam di wilayah Pantai Utara (Pantura) memang sejak dulu dikenal sangat dekat dengan para ulama.

“Tak cuma di Subang. Umat Islam di sepanjang Pantura termasuk Indramayu dan Cirebon pun demikian. Patuh pada arahan para ulama,” terangnya kepada Muslim Obsession, Kamis (13/6/2019).

Seperti diketahui, dari hasil rekapitulasi suara yang dilakukan KPU Jawa Barat, pasangan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin hanya unggul di enam kabupaten dan kota. Selebihnya, 21 daerah dikuasai Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Di Kabupaten Subang, Jokowi-Ma’ruf memperoleh suara 307.381, Kota Cirebon 823.900, Kabupaten Cirebon 103.878, Kabupaten Pangandaran 164,073, Kota Banjar 64.295 dan Kabupaten Indramayu memperoleh 707.324 suara.

Kiai Tasyrifien menambahkan, arahan para ulama yang berkumpul saat Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama sebelum Pilpres sangat strategis dan berdampak positif dalam mendongkrak perolehan suara bagi Paslon 01.

Munas Alim Ulama yang digelar oleh Majelis Munajat Indonesia Berkah (MMIB) pada 15-17 Maret 2019 itu dihadiri lebih dari 600 alim ulama seluruh Indonesia.

“Hasil Munas Alim Ulama berupa Ijtihad Politik dan Fatwa jadi pegangan kami untuk turun membimbing umat agar memilih Jokowi dan Kiai Ma’ruf,” jelas Ketua Pengurus Daerah MMIB Kabupaten Subang ini.

Kedekatan ulama dan umat ini, tambahnya, harus terus dibina. Pasalnya, Indonesia hanya akan maju dan berkah jika ulama dan umat bersatu.

Oleh karenanya, Kiai Tasyrifien mengimbau pemerintah ke depan harus memperhatikan hal tersebut.

“Caranya, Presiden Jokowi sebagai presiden terpilih harus memiliki para pembantu atau menteri dari tokoh Islam yang memihak kepentingan umat Islam,” tegasnya.

“Siapa saja? Saya kira ada beberapa tokoh yang dekat dan bisa diterima oleh umat,” pungkasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here