Jika Jadi Wapres, Kiai Ma’ruf Akan Tetap Pakai Sarung

1325
KH. Ma'ruf Amin Bersama Presiden Jokowi (Foto: Viva.co.id)

Kediri, Muslim Obsession – Sebagai salah satu bakal calon wakil presiden RI, berbagai cerita seputar sosok KH. Ma’ruf Amin kini menjadi sorotan publik. Salah satu keunikannya yang kerap menarik perhatian adalah gaya berpakaian paslon Joko Widodo (Jokowi) tersebut.

Selama ini, Kiai Ma’ruf kerap tampil dengan busana ala santri. Tak hanya kerap memakai sarung, ia juga senang mengenakan peci hitam dalam setiap kegiatannya.

Kiai Ma’ruf mengaku sudah meminta pendapat secara langsung kepada Jokowi mengenai gaya penampilan santrinya itu. Selain kepada Jokowi, Kiai Ma’ruf juga meminta pendapat yang sama kepada partai politik pengusungnya.

“Apakah nanti kalau saya jadi wakil presiden saya harus ganti celana?” tanya Kiai Ma’ruf kepada Jokowi.

Kiai Ma’ruf lalu mendapat dukungan untuk berpenampilan apa adanya, ala santri, “nggak apa-apa tetap saja seperti semula,” jawab Jokowi seperti ditirukan Kiai Ma’ruf saat memberikan sambutan di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Senin, (3/9/2018).

Itulah sebabnya, Kiai Ma’ruf memastikan tidak akan mengubah gaya sarungan ala santrinya. Ia mengungkapkan, jika nantinya berhasil memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang, maka dirinya akan menjadi wapres pertama yang mengenakan sarung.

“Insya Allah saya akan tetap memakai sarung sebagai identitas pesantren. Insya Allah (kalau terpilih) saya akan jadi wakil presiden pertama yang mengenakan sarung,” tandasnya.

Diketahui, Kiai Ma’ruf saat ini sedang melakukan safari di sejumlah pesantren di Jawa Timur. Safari itu berlangsung mulai Senin (3/9/2018) hingga Selasa (4/9/2018).

Beberapa pesantren yang didatangi oleh Kiai Ma’ruf yaitu Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Pondok Pesantren Al-Falah Ploso, hingga Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang.

Dalam safari pesantren ini, Kiai Ma’ruf didampingi oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua PBNU Robikin Emhas, dan Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here