Jika Anak Bertanya Tentang Allah

3417
Ilustrasi Orangtua dan Anak

Muslim Obsession – Sikap kritis dan rasa ingin tahu yang besar, membuat anak-anak kerap bertanya banyak hal. Namun, seringkali orangtua kesal ketika pertanyaan si anak tidak logis atau tidak penting.

Tapi sebagai orangtua, seyogianya diharapkan mampu bersabar dan tidak sembarangan dalam menjawab. Tentu, jawaban yang orangtua berikan harus sesuai pemahaman seusia mereka.

Lalu, bagaimana ketika anak bertanya tentang Allah? Ustadz Khalid Basalamah memberikan tipsnya sebagai berikut:

“Jika anak bertanya bagaimana wajah Allah, seperti apa bentuknya, maka sampaikan apa adanya. Kalau Allah Swt. adalah Dzat yang Maha Sempurna yang telah menciptakan segala sesuatu,” jelas beliau.

Ustadz Khalid menyarankan agar orangtua juga menjabarkan bukti kesempurnaan-Nya, dengan contoh yang dipahami anak-anak.

“Perlihatkan contoh yang kelihatan oleh anak kita, tikus misalnya. Siapa yang menciptakan tikus ini? Yang menciptakan matanya, giginya, dan seterusnya. Anak kecil akan mudah memahaminya,” terang Ustad Khalid.

Lalu, bagaimana jika anak bertanya wujud Allah?

“Jawablah, kita akan melihat-Nya nanti di Hari Kiamat sesuai janji Allah. Sampaikan apa adanya. Bahwa pada hari itu, kita akan melihat Allah secara fisik dan itu nikmat terbesar di surga,” ujar beliau.

Kemudian, berikan pemahaman bahwa begitu sempurna manusia diciptakan. Maka kelak, di Hari Kiamat kita akan tahu bahwasanya penciptanya jauh lebih sempurna.

“Tentu untuk menyampaikan kepada anak, orangtua juga harus memiliki ilmu. Karena, sifat anak-anak itu lebih mudah memahami,” tutupnya. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here