Jelang Pilpres 2019, MUI Imbau Masyarakat Jaga Ukhuwah Islamiyah

906
Zainut Tauhid (Foto: Istimewa)

Jakarta, Muslim Obsession – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau umat Islam untuk tetap memelihara ukhuwah Islamiyah. Itu semua dilakukan agar tidak terjebak dalam permusuhan dan pertentangan internal yang dapat merusak tali silaturahmi.

“Jadikanlah perbedaan aspirasi politik sebagai rahmat untuk saling menghormati dan memuliakan agar ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah wathaniyah tetap terpelihara,” kata Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Zainut Tauhid Sa’adi, Senin (3/9/2018).

Dia juga berharap kepada tokoh agama, ulama, kiai, habaib untuk ikut mendinginkan suasana dan menenteramkan umat. Agar pesta demokrasi yang menjadi hajatan nasional Bangsa Indonesia dapat berjalan dengan lancar, tertib, aman dan menggembirakan.

“Kami ingin mengingatkan bahwa tujuan Pemilu tidak hanya sekadar memilih dan mengganti presiden saja, tetapi lebih dari itu adalah membangun sebuah peradaban bangsa yang demokratis, maju, berdaulat, adil, sejahtera dan beradab,” ungkapnya.

Meskipun kegiatan kampanye Pilpres belum dimulai namun, kata Zainut, perang opini, gagasan dan pernyataan sudah mulai ramai di media sosial dalam bentuk aksi pengerahan massa.

Sebagai negara demokrasi, setiap warga negara diberi jaminan kebebasan oleh konstitusi untuk menyampaikan pikiran dan pendapat sepanjang sesuai dengan norma-norma kepatutan, etika dan peraturan perundang-undangan.

Menurutnya, ikhtiar kepolisian untuk menjaga agar tidak terjadi konflik, gesekan dan ancaman perpecahan bangsa perlu diapresiasi. Karena hal tersebut sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kepolisian.

“Untuk hal tersebut MUI meminta kepada aparat kepolisian untuk bertindak tegas, adil, transparan dan profesional,” ujarnya. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here