Jakarta Sebagai Gerbang  Titik Masuk Investasi dari Arab ke Asia Tenggara

405
Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Foto: Bal/ OMG)

Jakarta, Muslim Obsession – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut baik dan mengapresiasi diselenggarakannya The First Saudi Arabia Investor Forum For Real Estate di Jakarta, menurutnya Jakarta adalah pintu gerbang untuk Indonesia dan Asia Tenggara.

“Jadi kami menyambut baik diselenggarakannya investor forum ini, dan kita apresiasi penyelenggaraan ini dipilih di Jakarta. Jakarta adalah pintu gerbang untuk Indonesia dan tadi saya sampaikan bahwa Jakarta bukan hanya untuk Indonesia tapi juga untuk Asia Tenggara. Jadi kita melihat kesempatan ini adalah kesempatan bagi Jakarta untuk menjadi titik masuk investasi dari Arab Saudi ke  Asia Tenggara,” ujarnya di Jakarta, Senin (15/1/2018).

Anies menjelaskan, forum ini memiliki peluang yang sangat besar untuk menggerakkan perekonomian Indonesia dan manfaat bagi tenaga kerja juga nantinya bisa dirasakan.

“Jadi kalau melihat kesempatan investasi itu jangan hanya melihat bahwa berarti proyeknya harus ada di Jakarta. Itu memang tentu bisa, tapi tidak kalah penting bahwa ketika semua kegiatan-kegiatan itu di Jakarta, kantornya, investasinya. Maka manfaat bagi tenaga kerja, penyerapan tenaga kerja, manfaat untuk menggerakan perekonomian akan terasa di ibu kota ini,” tegasnya.

Dia mengaku, meski belum mengetahui seberapa besar yang akan diinvestasikan. Tapi harapannya ini menjadi peluang usaha dari sektor swasta dengan adanya pertemuan dengan investor dari Arab Saudi.

“Kita belum tahu seberapa besar akan investasi ke sini. Tapi harapannya dengan adanya forum investor-investor ini peluang-peluang usaha dari sektor swasta Indonesia dengan investor Saudi bisa bertemu, dan kami siap memfasilitasi untuk mereka bisa merealisasikan kesempatan-kesempatan bisnisnya di Indonesia khususnya yang membutuhkan dukungan dari Jakarta,” jelasnya.

Meski demikian, Anies mengaku bahwa sebetulnya Indonesia memiliki banyak sektor yang jika dikembangkan dapat menggerakan ekonomi Indonesia. Seperti di sektor energi, sektor pertanian, dan sektor properti.

“Kalau tema sekarang ini yang mereka bahas adalah properti, jadi bicaranya forum ini untuk properti. Sebetulnya kan sektor Indonesia banyak, ada sektor energi, sektor pertanian, ada sektor properti itu salah satu. Kedua, ada investasi infrastruktur, dan ketiga sektor pariwisata. Jadi kepulauan seribu tadi beberapa sudah menyampaikan minatnya untuk investasi di bidang pariwisata khususnya di kepulauan seribu,” pungkasnya. (Iqbal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here