Jabat Rektor UIN Jakarta, Ini Profil Amany Lubis

2165
Ketua MUI Bidang Perempuan, Remaja, dan Keluarga, Profesor Amany Lubis
Ketua MUI Bidang Perempuan, Remaja, dan Keluarga, Profesor Amany Lubis (Foto: Edwin Budiarso/Muslim Obsession)

Jakarta, Muslim Obsession – Mungkin tak banyak yang mengenal Prof. Dr. Amany Burhanudin Umar Lubis MA, sosok yang memiliki karakter tegas dan memiliki keahlian di bidang penerjemahan.

Tak hanya itu, Prof. Amany juga sering mengisi seminar bertaraf Internasional dan tampil di berbagai stasiun televisi. Kiprahnya dalam bidang keilmuan, terutama sejarah dan politik membuatnya disegani di kalangan dosen-dosen, karena beliau merupakan guru besar Sejarah Politik Islam di Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta).

Baca juga: 

Resmi, UIN Jakarta Punya Rektor Baru

Larang Berpoligami, Amany Lubis Sebut PSI Kurang Wawasan Keislaman

Beliau juga menjadi dosen yang memiliki jam terbang tinggi di berbagai universitas besar di Indonesia dan sangat disiplin dengan waktu, hingga akhirnya dipercaya menjadi Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kesibukannya tak hanya mengurus mahasiswa, Prof. Amany juga memiliki kesibukan lain seperti menjadi pengurus di Majelis Ulama Indonesia sebagai Ketua MUI Bidang Perempuan, Remaja, dan Keluarga. Ia juga merupakan Wakil Rektor Bidang Akademik Institut PTIQ, Ketua Majelis Keilmuan Muslimah dan Anggota Dewan Eksekutif Organisasi di Luar Negeri.

Prof. Amany yang dilantik sebagai Rektor UIN Jakarta hari ini, Senin (7/1/2019), juga sempat menjadi penerjemah untuk kedutaan besar Indonesia dan bagi para menteri maupun pejabat yang datang dari luar negeri. Keahliannya ini membuat Prof. Amany menjadi sangat dikenal oleh para diplomat. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here