Isu Kemunculan Dukhan di Bulan Ramadhan, MUI: Kiamat Hanya Allah yang Tahu

197

Jakarta, Muslim Obsession – Memang bulan Ramadhan saat ini dirasakan hampir berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini menyusul adanya wabah virus corona yang menyebar hampir ke semua negara dunia.

Namun adanya wabah ini, masyarakat khususnya di Indonesia dihebohkan dengan beredarnya isu yang mengaitkan 15 Ramadhan 1441 H dengan kemunculan fenomena Dukhan sebagai pertanda datangnya hari kiamat.

Menanggapi hal itu, Anwar Abbas selaku Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia ikut menyampaikan pendapatnya terkait persoalan yang kini ramai diperbincangkan publik tersebut.

“Menurut saya, yang tahu kapan kiamat itu akan tiba hanya Tuhan saja yang tahu. Nabi Muhammad saw pun yang dicintai dan disayangi oleh Allah Swt tidak tahu oleh-nya,” ucap Buya Anwar di Jakarta, Jumat (8/5/2020).

Dia mengatakan, dari pada memikirkan hal itu, alangkan baiknya apabila umat Islam selalu mempersiapkan diri dengan amalan baik, karena kiamat pasti terjadi namun tak ada petunjuk tanggal pastinya.

“Oleh karena itu, yang penting bagi kita lakukan adalah bagaimana kita bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi kiamat kecil yaitui kematian dari diri kita masing-masing,” tambahnya.

Dirinya juga meyakini bahwa seluruh umat muslim mengetahui bahwa di dalam islam ada kiamat besar dan kiamat kecil sehingga lebih baiknya untuk fokus dalam beribadah. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here