Istri Pertama Soekarno, Nenek Maia Estianty

242
Siti Oetari dan Maia Estianty (Foto: Istimewa)

Jakarta, Muslim Obsession – Pernah mendengar nama Siti Oetari Tjokroaminoto?. Mungkin yang terngiang malah nama Haji Oemar Said Tjokroaminoto atau lebih sering disebut HOS Tjokroaminoto, seorang pahlawan sekaligus guru bangsa Indonesia.

Siti Oetari adalah putri sulung HOS Tjokroaminoto. Tjokroaminoto sendiri pernah menjadi pemimpin Sarekat Islam. Tjokroaminoto merupakan guru politik Soekarno.

Selain itu, mungkin tak banyak juga yang mengetahui bahwa, Artis Maia Estianty adalah cucu dari Siti Oetari yang merupakan mantan istri dari presiden pertama Soekarno

Baca Juga:

Tjokroaminoto, Melahirkan Pemimpin-Pemimpin Besar

Oetari Tjokroaminoto Istri Pertama Soekarno

Soekarno menikahi Oetari saat usianya belum genap 20 tahun. Oetari sendiri saat itu masih berumur 16 tahun. Pernikahan Oetari dan Soekarno berlangsung di rumah kos Tjokroaminoto yang legendaris itu, di Gang 7 Paneleh, Surabaya, pada 1921.

Seperti ditulis dalam buku otobiografi, Bung Karno:Penyambung Lidah Rakyat Indonesia kepada Cindy Adams, Soekarno mengungkapkan jika Oetari tak pernah disentuhnya. Setelah menikah, hubungan mereka tak bertambah mesra bahkan disebut tak menikmati masa-masa bulan madu, terlebih Soekarno kian sibuk dengan aktivitas politiknya saat itu.

Pernikahan mereka tak berlangsung lama hingga akhirnya bercerai. Setelah menikah dengan Soekarno, Siti Oetari menikah lagi dengan lelaki lain. Salah satunya anaknya bernama Harjono Sigit, yang merupakan ayah Maia Estianty. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here