Israel Hancurkan Gedung Media di Gaza

101

Muslim Obsession – Serangan udara Israel menghancurkan gedung bertingkat tinggi di Kota Gaza yang menampung kantor The Associated Press dan outlet media lainnya pada Jumat (14/5/2021) langkah terbaru oleh militer untuk membungkam pelaporan dari wilayah itu di tengah pertempurannya dengan kelompok militan Hamas.

Pemogokan itu terjadi hampir satu jam setelah militer memerintahkan orang-orang untuk mengungsi dari gedung, yang juga menampung Al-Jazeera, perkantoran lain, dan apartemen tempat tinggal. Serangan itu membuat seluruh bangunan 12 lantai itu runtuh, runtuh dengan awan debu raksasa. Tidak ada penjelasan langsung mengapa gedung itu diserang.

Serangan itu terjadi beberapa jam setelah serangan udara Israel lainnya di kamp pengungsi padat penduduk di Kota Gaza menewaskan sedikitnya 10 warga Palestina dari keluarga besar, sebagian besar anak-anak, dalam serangan tunggal paling mematikan dari konflik saat ini. Kedua belah pihak menekan untuk mendapatkan keuntungan saat upaya gencatan senjata mengumpulkan kekuatan.

Ledakan kekerasan terbaru dimulai di Yerusalem dan telah menyebar ke seluruh wilayah, dengan bentrokan Yahudi-Arab dan kerusuhan di kota-kota campuran di Israel. Ada juga protes Palestina yang meluas pada hari Jumat di Tepi Barat yang diduduki, di mana pasukan Israel menembak dan menewaskan 11 orang.

Kekerasan yang meningkat telah menimbulkan ketakutan akan intifada Palestina baru, atau pemberontakan pada saat tidak ada pembicaraan damai selama bertahun-tahun.

Warga Palestina pada hari Sabtu menandai Hari Nakba (Malapetaka), ketika mereka memperingati sekitar 700.000 orang yang diusir dari atau meninggalkan rumah mereka di tempat yang sekarang menjadi Israel selama perang 1948 seputar pembentukannya. Itu meningkatkan kemungkinan lebih banyak kerusuhan.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here