Islamabad Akan Seleksi 309 Kaligrafi

1197
Ilustrasi Kaligrafi (Photo: Urdu)

Islamabad, Muslim Obsession – Sekitar 309 Kaligrafi telah diikutsertakan dalam Lomba Kaligrafi Nasional. Semuanya diserahkan kepada Divisi Sejarah dan Sastra Nasional atau the National History and Literary Heritage (NH & LH).

Penasehat Perdana Menteri di NH & LH, Irfan Siddiqui menilai pameran tersebut akan sangat memuaskan.

“Para seniman kaligrafi dari daerah-daerah terpencil di negara ini termasuk FATA, Gilgit-Baltistan, Azad Jammu dan Kashmir telah menyerahkan karya seni unik mereka. Ini akan sangat memuaskan,” paparnya, sebagaimana dikutip dari laman Urdu, Kamis (15/2/2018).

Menurutnya, partisipasi mereka mencerminkan antusiasme dan cinta mereka terhadap seni kuno tersebut. Dia juga yakin, Lomba dan Pameran Kaligrafi Nasional akan membantu mereka menemukan seniman kaligrafi berbakat dari pelosok negeri.

“Tentu, hal ini memainkan peran penting dalam kebangkitan seni Islam,” tuturnya.

Sebanyak 15 penghargaan akan diberikan dalam tiga kategori kepada pemenang kompetisi, pada hari penutup pameran (28/2/2018). Kategori ini termasuk Nastaleeq, Thuluth dan kaligrafi gaya Modern.

Hadiah uang senilai Rs. 75.000, Rs. 50.000, Rs. 40.000, Rs. 20.000 dan Rs. 15.000 akan diberikan kepada lima karya kaligrafi terbaik untuk setiap kategori.

“Kaligrafi muda, yang berusia lebih dari 35 tahun, dari seluruh penjuru negeri. Termasuk Azad Jammu Kashmir, FATA dan Gilgit-Baltistan,” paparnya.

Pemilihan kaligrafi terbaik akan dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari seniman kaligrafi senior. Penilaian ini akan dilakukan secara transparan. Seniman kaligrafi yang berpartisipasi dalam kompetisi ini juga akan melakukan lokakarya pelatihan selama pameran kaligrafi.

Kompetisi sekaligus Pameran Kaligrafi Nasional tersebut, akan diadakan mulai tanggal 23-28 Februari 2018 mendatang. Pameran yang berlangsung hampir satu minggu tersebut, akan dibuka untuk umum. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here