Inilah 4 Orang yang Tak Tersentuh Api Neraka, Semoga Kita Salah Satunya!

453
Ilustrasi neraka.

Muslim Obsession – Setiap orang pasti tak ingin masuk neraka. Mendengar namanya saja, orang pasti akan merasakan takut. Apalagi Al-Quran menginformasikan bahwa setiap orang akan ‘mampir’ ke api yang menyala-nyala tersebut.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam QS. Maryam ayat 71-71:

وَإِنْ مِنْكُمْ إِلَّا وَارِدُهَا ۚ كَانَ عَلَىٰ رَبِّكَ حَتْمًا مَقْضِيًّا. ثُمَّ نُنَجِّي الَّذِينَ اتَّقَوْا وَنَذَرُ الظَّالِمِينَ فِيهَا جِثِيًّا

“Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan. Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membiarkan orang-orang yang zhalim di dalam neraka dalam keadaan berlutut.”

Ada perbedaan pendapat tentang makna ‘mendatangi’ neraka. Pertama, yang dimaksud ‘menghampiri neraka’ dalah memasukinya. Namun bagi orang mukmin, itu menjadi dingin dan mereka selamat.

Kedua, bahwa semua makhluk akan mendatanginya, sehingga mereka semua mengalami ketakutan, kemudian setelah itu, Allah selamatkan orang yang bertakwa. Dan ketiga, maknanya adalah melewati jembatan, yang berada di punggung jahannam.

Manusia melewatinya  sesuai bekal amal yang mereka miliki.  Ada yang seperti kilat, ada yang seperti angin berhembus, atau ada yang seperti kuda cepat, ada juga seperti onta cepat. Ada yang berlari, ada yang berjalan, ada yang tersandung-sandung, dan ada yang terambar hingga masuk neraka.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan bahwa ada beberapa golongan yang tidak akan disentuh oleh api neraka.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِمَنْ تَحْرُمُ عَلَيْهِ النَّارُ؟, قَالُوا: بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ, قَالَ: ” كُلُّ هَيِّنٍ لَيِّنٍ قَرِيبٍ سَهْلٍ”

انظر صَحِيح الْجَامِع: 3135 , صَحِيح التَّرْغِيبِ وَالتَّرْهِيب: 1747

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Maukah kalian aku tunjukkan orang yang haram baginya tersentuh api neraka?” Para sahabat berkata, “Mau, wahai Rasulullah!” Beliau menjawab: “(yang Haram tersentuh api neraka adalah) orang yang Hayyin, Layyin, Qarib, Sahl,” (HR. At-Tirmidzi & Ibnu Hibban, dishahihkan Al-Albani).

Lalu, apa makna Hayyin, Layyin, Qarib, dan Sahl tersebut? Apakah kita termasuk di salah satunya?

Pertama, Hayyin. Ialah orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan lahir maupun batin. Orang seperti ini memiliki jiwa yang tidak labil dan mudah marah, penuh pertimbangan. Ia pun tidak mudah memaki, melaknat serta teduh jiwanya.

Kedua, Layyin. Masuk ke dalam kelompok ini adalah mereka yang lembut dan santun, baik dalam bertutur-kata atau bersikap. Mereka tidak bersikap kasar, tidak egois atau bertindak semaunya sendiri sehingga menyakiti orang lain. Ia pun tidak galak, tidak suka memarahi orang yang berbeda pendapat dengannya. Tidak suka melakukan pemaksaan pendapat. Lemah lembut dan selalu menginginkan kebaikan untuk sesama manusia.

Ketiga, Qarib. Orang yang masuk kategori ini memiliki karakter yang mudah akrab karena sifatnya yang ramah ketika diajak bicara. Ia pun menyenangkan bagi orang lain karena memiliki raut wajah yang berseri-seri dan murah senyum.

Keempat, Sahl. Beruntung bagi Anda yang senang membantu orang lain dengan memudahkan setiap urusan orang lain. Orang-orang yang tidak mempersulit sesuatu dan selalu memberikan solusi bagi setiap permasalahan masuk pada kategori ini.

Mari kita mengevaluasi diri. Adakah kita masuk di salah satu kategori orang-orang yang tidak tersentuh api neraka tersebut?

Semoga Allah senantiasa membimbing kita menjadi hamba-hamba-Nya yang terhindar dari api neraka dan masuk ke dalam surga-Nya dengan tanpa hisab. Aamiin Yaa Allah.

Wallahu a’lam bish shawab. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here