Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Anda Sejak 1 Jam Berhenti Merokok

633
Setop merokok (Foto: Daily Sabah)

Jakarta, Muslim Obsession – Tidak ada kata terlambat untuk berhenti dari kebiasaan merokok. Karena ada banyak manfaat kesehatan dari berhenti merokok.

Ternyata ada sebuah keajaiban pada tubuh manusia yang dapat membalikkan banyak kerusakan akibat merokok selama bertahun-tahun dan efek dari berhenti merokok dapat Anda rasakan secara instan.

Segera setelah berhenti merokok, tubuh memulai proses perbaikan untuk meminimalkan kerusakan yang sudah terjadi. Risiko Anda menderita penyakit yang berkaitan dengan merokok, terutama penyakit jantung, mulai turun setiap menit Anda memutuskan untuk tidak merokok lagi.

Anda akan memiliki kulit yang lebih kenyal dan terhidrasi, rambut yang lebih sehat, kuku dan lebih sedikit kerutan yang terlihat. Sebagai bonus tambahan, Anda tidak akan kehilangan gigi dan terhindar dari bau mulut.

Baca Juga: Bukan Penghilang Stres, Merokok Justru Pemicu Depresi

Dilansir Daily Sabah, Kamis (6/2/2020) tahun lalu, Tobacco Atlas memperkirakan sekitar 14,5 juta orang dewasa dan 252.000 anak-anak di Turki merokok setiap hari. Dikatakan sekitar 83.100 orang meninggal karena penyakit yang berhubungan dengan tembakau di Turki setiap tahun, dengan 31% dari semua kematian di antara pria Turki dan 12% dari kematian wanita disebabkan oleh penyakit yang sangat mengerikan tersebut.

Menurut Asosiasi Thoracic Turki, asap rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia beracun – seperti benzena, formaldehida, hidrogen sianida, karbon monoksida, dan arsenik – yang menyebabkan kanker.

Menurut asosiasi tersebut, nikotin dalam rokok dapat membuat ketagihan seperti halnya obat keras seperti heroin dan kokain. Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) merinci perubahan yang akan dialami tubuh Anda setelah Anda mengisap rokok terakhir sebagai berikut:

1 jam pertama

Hanya 20 menit setelah Anda berhenti merokok, detak jantung Anda turun dan kembali ke tingkat istirahat normal. Sirkulasi darah juga mulai membaik dan tekanan darah Anda mulai turun dalam satu jam.

8 jam

Dalam delapan jam, kadar karbon monoksida dan nikotin dalam darah Anda berkurang lebih dari setengahnya, turun ke tingkat yang lebih normal. Ketika Anda menghirup karbon monoksida melalui asap rokok, ia menggantikan partikel oksigen dalam darah Anda

24 jam

Tingkat karbon monoksida dalam darah Anda kembali ke tingkat bukan perokok. Anda juga akan berhenti mengekspos teman-teman dan orang-orang terkasih Anda menjadi perokok pasif. Namun, Anda mungkin merasa lebih cemas dan stres daripada biasanya karena mengidam rokok.

48 jam

Nikotin telah meninggalkan darahmu. Paru-paru mulai membersihkan lendir dan puing-puing kotoran. Pada tahap ini, jangan berkecil hati jika Anda merasa batuk, sebab tubuh Anda sedang mencoba membersihkan saluran udara. Salah satu perubahan pertama yang dikatakan banyak perokok ketika mereka berhenti, dan seringkali hanya dalam beberapa hari, adalah peningkatan dramatis dalam indra perasa dan penciuman. Ini terjadi karena ujung saraf yang rusak sebelumnya mulai tumbuh kembali.

Baca Juga: 13 Cara Berhenti Merokok

Asap tembakau dapat menumpulkan indra begitu banyak sehingga membuat semuanya terasa sangat hambar. Profesor Y. Birol Saygı dari Departemen Gastronomi dan Seni Kuliner Universitas Beykoz mendukung pernyataan itu, dengan mengatakan, “Ketika Anda berhenti merokok, kadar nikotin dalam tubuh menurun. Setelah nikotin meninggalkan tubuh Anda, indra perasa Anda meningkat.”

72 jam

Tiga hari setelah berhenti merokok, Anda akan mulai bernapas seperti orang normal lagi dan menyadari kapasitas paru-paru Anda. “Setelah 72 jam bebas tembakau, semua jejak karbon monoksida telah meninggalkan paru-paru, sehingga membuat pernapasan menjadi lebih mudah. ​​Tabung bronkial juga mulai rileks, dan tingkat energi tubuh meningkat,” kata Saygı.

Ada lagi berita bagus. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature pekan lalu menunjukkan bahwa perokok dapat secara efektif mengubah waktu di paru-paru mereka dengan menghentikan kebiasaan itu, dengan sel-sel sehat muncul untuk menggantikan beberapa sel yang rusak akibat tembakau dan rawan kanker. Namun, ini juga saat gejala penarikan mencapai puncaknya, jadi pastikan untuk menjalaninya dengan sabar.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here