Ini Menu Wajib Buka dan Sahur di Turki

295

Muslim Obsession – Setiap negara mempunyai cerita dan budaya yang berbeda. Termasuk juga dengan makanan khas yang ada di satu negara tersebut.

Demikian pula dengan Turki. Masyarakat Negeri Muhammad Al-Fatih itu juga memiliki ragam makanan yang biasa dikonsumsi saat bulan Ramadhan.

Makanan pertama yang selalu ada di masyarakat Turki adalah kurma. Seperti dikonsumsi umat Islam pada umumnya, kurma juga dijadikan hidangan untuk buka puasa.

Selanjutnya, masyarakat Turki banyak yang mengkonsumsi makanan ringan khas Ottoman. Terbuat dari kacang walnut atau pistache, makanan ini dicincang dan diberi pemanis gula atau madu dan dibungkus adonan roti tipis.

Selain itu ada juga sajian Osmanli Icecek. Inilah minuman segar yang mengandung kayu manis khas Turki. Rasa dan aromanya sangat khas.

Sementara makanan berat yang biasa dikonsumsi di Turki adalah Corba, sebuah sup khas Turki, yang dimakan dengan potongan roti. Jika tak ada Corba, masyarakat setempat biasanya mengkonsumsi nasi dengan lauk daging-dagingan dan salad yang bercampur yogurt.

Bagaimana dengan sahur? Masyarakat Turki memiliki menu sahur yang berbeda dengan di masyarakat Indonesia.

Di Turki, nasi tidak menjadi menu wajib makan sahur. Masyarakat Turki menikmati santapan sahur berupa roti yang disebut Pide dengan selai cokelat dan madu. Kabarnya roti tersebut hanya diproduksi pada bulan Ramadhan.

Selain Pide, buah zaytun dan peynir, sejenis keju putih semi yogurt, juga menjadi sajian yang tak ketinggalan saat sahur.

Untuk minumannya adalah Cay, teh khas Turki. Minuman cay di Turki merupakan minuman yang wajib ada. Jika belum minum cay, serasa ada yang ganjil.

(Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here