Indonesia Akan Gandeng Negara Lain untuk Ungkap Penyebab Tsunami di Selat Sunda

632
Tsunami di Selat Sunda
Tsunami di Selat Sunda (Foto: Istimewa)

Jakarta, Muslim Obsession – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkap penyebab tsunami Selat Sunda yang terjadi pada Sabtu (22/12/2018).

BNPB menilai tsunami yang terjadi di akibatkan lereng Anak Krakatau yang runtuh kemudian menyebabkan longsor bawah laut, lalu tsunami yang menerjang pantai-pantai yang ada di Selat Sunda.

Untuk menindaklanjuti yang di rilis BNPB, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan pemerintah bakal menggandeng negara lain untuk mengetahui penyebab tsunami Selat Sunda yang menghantam Banten dan Lampung.

“Ya pasti, kami biasanya kerja samanya menerus. Karena ini kegeologian, sifatnya global. Biasanya sharing data dengan Australia, Perancis, Amerika, dan Jepang,” kata Jonan saat ditemui di Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau, Pasauran, Kabupaten Serang, Jumat (28/12/2018).

Jonan berharap kajian dari peneliti negara lain bisa menambah akurasi analisis sehingga bisa digunakan Indonesia untuk modal mitigasi bencana selanjutnya.

Meski begitu, Jonan belum bisa memastikan kapan hasil kajian itu bakal selesai dan bisa digunakan. Sebab itu, ia meminta lembaga-lembaga terkait untuk mempercepat proses analisis.

“Makanya saya juga minta koordinasi LIPI, BPPT, Badan Geologi ESDM, BMKG, untuk mempelajari kira-kira tsunami yang tempo hari akibat apa saja. Apa longsoran besar dari tubuh Gunung Anak Krakatau atau hal lain,” ucapnya. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here