Ibu Negara Turki Terima Penghargaan Changemaker dari WHF

105
Emine Erdoğan (Foto: Anadolu Agency)

Turki, Muslim Obsession – Ibu negara Turki Emine Erdoğan menerima penghargaan Changemaker dari World Humanitarian Forum (WHF) pada Rabu (17/4/2019) atas aksi kemanusiaan yang menginspirasi di lapangan.

Emine bergabung dengan para dermawan terkemuka, perwakilan organisasi nirlaba dan tamu lainnya untuk upacara penghargaan di London.

“Saya menerima penghargaan ini atas nama bangsa Turki yang murah hati yang hatinya sakit ketika mereka melihat seorang anak menangis dan yang menganggap orang asing sebagai tamu Tuhan dan tidak dengan kecurigaan. Saya sangat bangga dengan kenyataan bahwa negara saya diingat dengan egaliter dan pendekatan inklusif yang diterapkannya dalam mengobati luka dunia,” ucap Emine sebagaimana dilansir Daily Sabah, Kamis (18/4/2019).

“Saya berterima kasih kepada World Humanitarian Forum untuk apresiasi mereka atas upaya bantuan kemanusiaan kami tanpa diskriminasi berdasarkan agama, bahasa atau ras. Sayangnya, sejarah penuh dengan perang, bencana, air mata dan darah. Sejak manusia muncul, tidak cukup penting telah diberikan untuk nyawa per meter persegi yang ditempati oleh manusia,” tambahnya.

“Sementara beberapa bagian dunia haus akan perdamaian, kepercayaan dan stabilitas, separuh lainnya bahkan tidak menyadari bahwa umat manusia yang jatuh dari muka bumi. Sayangnya, dunia tempat kita hidup ini sedang mengalami krisis kemanusiaan besar, terlepas dari klaim perkembangan dan peradaban abad 21. Dengan latar belakang seperti itu, tugas kita sebagai individu dan masyarakat adalah memilih untuk berpihak pada kebaikan atau kejahatan. Sebagai masyarakat Turki, kita menganggap langit sebagai atap tunggal tempat umat manusia hidup sebagai sebuah keluarga besar. Kami percaya pada ajaran Rumi bahwa lilin tidak kehilangan cahayanya dengan menyalakan yang lain. Kami percaya bahwa senyum di wajah seorang anak adalah harta terbesar di dunia ini,” bebernya. 

Ibu negara yang tidak berbeda dengan suaminya Presiden Recep Tayyip Erdoğan, mendapat pujian dunia karena memberikan suara kepada yang tertindas dan memperjuangkan kebijakan pintu terbuka bagi para pengungsi.

Dia berada di belakang konvensi pasangan para pemimpin dari dunia Arab dan negara-negara Barat di Istanbul yang menyerukan penghentian serangan Israel terhadap Gaza pada 2009 karena mencabut blokade Israel di wilayah Palestina.

Dia juga meluncurkan kampanye untuk memobilisasi badan amal internasional bagi jutaan orang yang terkena dampak salah satu banjir terburuk yang melanda Pakistan pada 2010.

Emine juga memimpin delegasi Turki ke Myanmar pada 2012 ke wilayah tempat etnis Muslim Rohingya, meskipun ada peringatan keamanan. Dia memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat sambil meningkatkan kesadaran akan nasib umat Muslim yang terlantar akibat kekerasan etnis. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here