Hikmah Rahmani: Gerbang Akhir Ramadhan

266

Oleh: Habib Abdul Rahman Al-Habsyi (Majelis Sahabat Iman)

Selama satu bulan Ramadan kita berpuasa dan kini kita sudah berada di penghujung bulan.

Ada doa yang dianjurkan dibaca selama sepuluh terakhir  yaitu, “Allahumma innaka ‘afuwun tuhibbul ‘afwa fa’fuanni.”

(Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku).

Dari doa ini, kita bisa lihat al-Afuwu, kita mengharapkan kemaafan Allah. Kita ini tidak terancam kecuali oleh dosa diri sendiri.

Maka, jangan sibuk memikirkan kesalahan orang  lain. Jadi, jika semua sudah terpetakan, apa yang kita kejar di bulan Ramadan?

Jawabannya mensucikan dirilah yang paling penting. Sangat beruntung orang yang mensucikan diri dan merugi orang yang mengotorinya.

Jika ingin menyucikan diri di bulan Ramadan, ada empat hal yang perlu diketahui. Yakni tentang siapa yang tidak diampuni oleh Allah di bulan Ramadan.

Mereka adalah (1). Peminum khomer, (2). Orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, (3). Orang yang memutuskan silaturrahim, dan (4). Orang yang dengki.

Puasa kita tidak bernilai apa apa jika ada salah satu di antara yang empat itu..

Kemungkinan 1, 2 dan 3 kita tidak melakukannya akan tetapi kemungkinan yang ke 4 kita melakukannya..

Yaitu pernah menyakiti orang lain dengan menyebarkan ujaran kebencian..

عن بن عباس رضي الله عنه قال أنه سمع رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول في حديث قدسي عن رب العزة عندما يسأل الملائكة سيدنا جبريل في ليلة القدر ماذا فعل الله في حوائج المسلمين

وكان نص الحديث القدسي كالأتي: “يقُولُونَ : يَا جِبْرِيلُ مَا صَنَعَ اللَّهُ فِي حَوَائِجِ الْمُؤْمِنِينَ مِنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَيَقُولُ : إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى نَظَرَ إِلَيْهِمْ ، وَعَفَا عَنْهُمْ وَغَفَرَ لَهُمْ إِلَّا أَرْبَعَةً ، فَقَالُوا : مَنْ هَؤُلَاءِ الْأَرْبَعَةُ ؟ قَالَ : مُدْمِنُ خَمْرٍ ، وَعَاقٌّ لِوَالِدَيْهِ ، وَقَاطِعُ الرَّحِمِ ، وَمُشَاحِنٌ” . قِيلَ : يَا رَسُولَ اللَّهِ: وَمَنِ الْمُشَاحِنُ ؟ قَالَ: ” هُوَ الْمُصَارِمُ ”

“Dari Ibn Abbas ra berkata bahwa ia mendengar sesungguhnya Rasulullah saw bersabda dalam hadits qudsi dari Rabbul izzati ketika malaikat bertanya kepada Jibril as pada malam al qadar ttg apa yang Allah swt perbuat terhadap hajat orang orang islam.

Mereka bertanya: “Wahai Jibril, apa yang telah diperbuat oleh Allah swt untuk hajat-hajat kaum mukminin dari ummat Muhammad saw.

Jibril menjawab: “Sungguh Allah swt telah memperhatikan mereka malam ini, memaafkan kesalahan mereka dan mengampuni dosa-dosa mereka kecuali empat orang.”

Lalu Rasulullah saw bersabda kepada para sahabatnya: “Peminum khomer, orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, orang yang memutuskan silaturrahim, dan orang yang dengki”.

Yaa Robbanaa, kuatkan kami dalam merawat Ramadhan Kami…

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here