Hikmah Rahmani: Amal Tiada Henti

96

Oleh: Habib Abdul Rahman Al-Habsyi (Sahabat Iman Peduli)

“Jangan lakukan sesuatu hanya karena kamu bisa. Lakukan hal itu karena kamu benar-benar menginginkannya”.

Pernahkah kita merasa hari-hari begitu menjemukan? Hal-hal yang kita lakukan setiap hari jadi tidak menarik lagi.

Semangat dan gairah hidup pun hilang entah ke mana. Jika merasa seperti itu, mungkin ada yang salah dengan cara menjalani hidup.

BACA JUGA: Hikmah Rahmani: Mengenal Takdir

Bosan adalah rasa yang sudah umum dirasakan semua orang. Tapi kalau terus-terusan, ada baiknya kita periksa ulang hati dan rasa kita.

Pertama-tama, yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebab bosan. Seperti tidak ada asap kalau tidak ada api, jadi tidak ada rasa bosan yang tak punya alasan.

Begitu pula bosan dalam melakukan ibadah dan berbuat shalih, adakah kebosanan dalam beribadah itu terjadi?

BACA JUGA: Hikmah Rahmani: Mencintai Kebenaran

Jangan menyerah dan lengah dalam merintis jalan ketaatan… Teruslah berada pada jalur kebaikan, maka Allah akan membaikkanmu.

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ ابْنِ عَجْلَانَ عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اكْلَفُوا مِنْ الْعَمَلِ مَا تُطِيقُونَ فَإِنَّ اللَّهَ لَا يَمَلُّ حَتَّى تَمَلُّوا وَإِنَّ أَحَبَّ الْعَمَلِ إِلَى اللَّهِ أَدْوَمُهُ وَإِنْ قَلَّ وَكَانَ إِذَا عَمِلَ عَمَلًا أَثْبَتَهُ.

“Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: “Kerjakanlah suatu amalan itu sesuai dengan kemampuan kalian, karena Allah tidak akan bosan sehingga diri kalianlah yang bosan. Sesungguhnya amalan yang paling dicintai Allah adalah yang dikerjakan secara terus menerus walaupun sedikit. Dan Rasulullah apabila beliau mengerjakan suatu amalan, maka beliau akan mengerjakannya secara rutin,” (HR. Abu Daud No. 1161).

Barakallah fiikum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here