Hati-hati, Sering Bohong Ternyata Bisa Jadi Penyakit!

1300
Ilustrasi Berbohong (Foto: Time)

Muslim Obsession – Anjuran untuk berkata jujur sudah Rasulullah Saw. sampaikan dalam sejumlah hadits. Salah satunya hadits yang berbunyi, “Hendaknya kamu selalu jujur karena kejujuran itu akan membawa kepada kebaikan dan kebaikan itu akan membawa ke dalam surga,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Meski demikian, mungkin masih banyak dari kita yang suka berbohong. Selain bernilai dosa, kebiasaan sering berbohong juga merupakan salah satu ciri gangguan psikologis, lho!

Dikutip dari Alo Dokter, ada beragam alasan seseorang berbohong. Mulai dari menghindari perasaan tidak enak, merasa lebih dihargai, ataupun membuat orang lain merasa kagum.

Ada pula jenis bohong yang sering kali disebut sebagai bohong untuk kebaikan (white lies). Secara umum, semua jenis kebohongan memiliki konsekuensi yang tidak baik.

Pun secara medis, ada beberapa hal yang diduga berperan dalam menyebabkan kenapa seseorang menjadi sering berbohong, seperti kelainan pada otak karena cedera fisik atau kelainan bawaan lahir. Sedangkan secara psikologis, sering berbohong dapat menjadi salah satu penanda adanya gangguan mental, seperti gangguan kepribadian dan gangguan obsesif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here