Hari Raya Bertepatan dengan Hari Jumat, Masih Wajibkah Shalat Jumat?

220

Jakarta, Muslim Obsession – Tak lama lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada hari Jumat 31 Juli 2020. Sering kali hari raya bertepatan dengan hari Jumat. Sehingga muncul pertanyaan apakah shalat Jumat tetap wajib jika bersamaan dengan hari raya?

Ada yang mengatakan tidak wajib, karena ada hadist yang menjelaskan bahwasanya boleh tidak melaksanakan shalat Jumat jika bertepatan dengan dua hari Raya.

“Pada hari ini terkumpul bagi kalian dua hari raya, barangsiapa yang ingin mencukupkan dengan (shalat id) dari shalat Jumat, maka itu cukup baginya, tetapi kami tetap shalat Jumat bersama.” HR. Abu Daud (1/647, no. 1073)

Terkait persoalan ini, Buya Yahya melalui kanal YouTube Al-Bahjah TV memberikan penjelasan bahwa dalam mazhab Syafi’i bila hari Jumat bertepatan dengan hari raya, shalat Jumat tetap wajib.

“Gak ada perbedaan dalam mazhab kita, kecuali mazhab Imam bin Hambal,” ujar Buya Yahya.

Ia mengatakan, dalam Mazhab Imam Syafi’i ada pengecualian tidak wajib shalat Jumat bagi orang yang hidupnya di lembah. “Ini gambarannya kalau di Arab dulu, jadi kalau mau ke kota, shalat ke masjid Nabawi itu melewati lembah-lembah, shalat hari raya,” tuturnya.

“Jadi kalau pulang nanti baliknya susah, dimaafkan bagi mereka,” tambahnya.

Menurutnya, Jumat pada dasarnya tidak wajib karena tempatnya jauh. “Tapi kalau di sini, padahal di samping ini ada masjid, samping sana ada masjid lagi.”

Dalam video itu, Buya ingin menjelaskan bahwa dalam konteks kehidupan sekarang khususnya di Indonesia, shalat Jumat pada hari raya tetap wajib karena masjid sudah banyak menjamur di kota-kota bahkan di kampung-kampung. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here