Fitnah Akhir Zaman

257

Oleh: Drs H. Tb Syamsuri Halim, M.Ag (Pimpinan Majelis Dzikir Tb. Ibnu Halim dan Dosen Fakultas Muamalat STAI Azziyadah Klender)

Salah satu tanda dari akhir zaman adalah banyaknya fitnah. Ini sudah ditegaskan Rasulullah ﷺ melalui hadits beliau:

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ إِسْحَاقَ حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيعَةَ عَنْ أَبِي يُونُسَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيْلٌ لِلْعَرَبِ مِنْ شَرٍّ قَدْ اقْتَرَبَ فِتَنًا كَقِطَعِ اللَّيْلِ الْمُظْلِمِ يُصْبِحُ الرَّجُلُ مُؤْمِنًا وَيُمْسِي كَافِرًا يَبِيعُ قَوْمٌ دِينَهُمْ بِعَرَضٍ مِنْ الدُّنْيَا قَلِيلٍ الْمُتَمَسِّكُ يَوْمَئِذٍ بِدِينِهِ كَالْقَابِضِ عَلَى الْجَمْرِ أَوْ قَالَ عَلَى الشَّوْكِ قَالَ حَسَنٌ فِي حَدِيثِهِ خَبَطِ الشَّوْكَةِ

“Ibnu Ishaq telah menceritakan kepada kami Ibnu Lahi’ah dari Abu Yunus dari Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Celaka bagi bangsa Arab, telah dekat munculnya fitnah seperti gelapnya malam, di pagi hari seseorang dalam keadaan mukmin dan sore hari telah menjadi kafir, orang-orang menjual agamanya dengan kenikmatan dunia, pada hari itu sedikit yang berpegang dengan agamanya, seperti seorang yang memegang bara api, -atau beliau mengatakan: “seperti memegang duri.” Hasan menyebutkan dalam haditsnya, “menginjak duri”, (HR. Ahmad).

Sementara yang dimaksud fitnah menurut Ibnu Arabi dalam Linasul Arab bahwa fitnah adalah:

الفتنة الإختبار، والفتنة المحنة، والفتنة المال، والفتنة الاولاد، والفتنة الكفر، والفتنة اختلاف الناس بالآراء

“Fitnah adalah cobaan, Fitnah adalah ujian, harta adalah harta, anak-anak adalah fitnah, kekafiran adalah fitnah, Fitnah itu bisa pula adalah perbedaan pendapat manusia. Intinya fitnah itu adalah segala hal yang dapat menjadikan manusia berselisih dan menjauh dari kebenaran agama”.

Bahkan termasuk fitnah akhir zaman adalah banyaknya pembunuhan dan kematian. Sebagaimana sabda Nabi ﷺ:

إِنَّ بَيْنَ يَدَيْ السَّاعَةِ لَأَيَّامًا يَنْزِلُ فِيهَا الْجَهْلُ وَيُرْفَعُ فِيهَا الْعِلْمُ وَيَكْثُرُ فِيهَا الْهَرْجُ وَالْهَرْجُ الْقَتْلُ

“Menjelang datangnya Hari Kiamat ada hari-hari dimana kebodohan diturunkan, ilmu diangkat, dan banyak terjadi Al-Harj. Al-Harj itu adalah pembunuhan,” (HR. Al-Bukhari).

Sementara dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Thabarani disebutkan bahwa salah satu tanda akhir zaman adalah banyak kematian mendadak.

Rasulullah bersabda:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، رَفَعَهُ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: مِنِ اقْتِرَابِ السَّاعَةِ أَنْ يُرَى الْهِلالُ قِبَلا، فَيُقَالُ: لِلَيْلَتَيْنِ، وَأَنْ تُتَّخَذَ الْمَسَاجِدَ طُرُقًا، وَأَنْ يَظْهَرَ مَوْتُ الْفُجَاءَةِ

“Dari Anas bin Malik, dia meriwayatkan dari Nabi ﷺ, beliau bersabda, “Di antara dekatnya Hari Kiamat, hilal akan terlihat nyata sehingga dikatakan ‘ini tanggal dua’, masjid-masjid akan dijadikan jalan-jalan, dan munculnya (banyaknya) kematian mendadak”.

Kesimpulan

Jadi fitnah Akhir Jaman itu adalah:

  1. Fitnah yang memusuhi umat Islam lebih banyak dan itu bergelombang di seluruh dunia
  2. Pembunuhan yang merajalela
  3. Umat Islam tidak berdaya
  4. Kematian yang merebak
  5. Masjid-masjid sepi dan hanya sebagai tempat lalu lalang manusia saja.
  6. Hilal yang biasanya susah dideteksi akan mudah ditebak.
  7. Orang bodoh berfatwa
  8. Ulama banyak yang wafat
  9. Banyak yang berani menghina ISLAM

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here