Fenomena Aneh! Ribuan Jangkrik Hitam Penuhi Masjidil Haram

289

Makkah, Muslim Obsession – Terjadi fenomena langka dan aneh di Masjidil Haram baru-baru ini.

Senin lalu (7/1/2019) ribuan jangkrik hitam memenuhi Masjidil Haram di Makkah. Sejumlah sekolah bahkan terpaksa tutup akibat kejadian langka ini.

Warga Arab Saudi pun mengaku belum pernah menyaksikan fenomena tersebut seumur hidup mereka.

“Pada Sabtu malam saya berdoa di Masjid Suci dan serangga ada di mana-mana. Ribuan serangga itu tidak hanya berserakan di halaman, bahkan menyebar ke sekitaran Ka’bah,” ujar Abdulwhab Soror, (64) sebagaimana dikutip dari Ummid.com, Jumat (11/1/2019).

“Aku sudah tinggal di Makkah sejak lahir, dan aku belum pernah menyaksikan kejadian seperti ini sebelumnya,” tambahnya.

Petugas sedang membersihkan ribuan jangkrik di halaman Masjidil Haram

Fenomena itu bahkan membingungkan para pakar satwa liar dan serangga. Dr Jacky Judas, manajer dan penasihat ilmiah keanekaragaman hayati di WWF dan Emirates Nature, mengatakan bahwa ini fenomena pertama yang pernah ada. 

“Ini adalah pertama kalinya bagi saya untuk melihat spesies ini dalam jumlah besar, orang lain pun pasti akan mengatakan hal yang sama,” kata Dr Judas.

Menurut dia, penyebab yang paling masuk akal ialah ribuan jangkrik tersebut kabur atau lepas dari sarangnya. Seseorang mungkin sedang membudidayakan jangkrik itu, lalu mereka terlepas.

“Bisa saja, sebuah penangkaran jangkrik di sekitar Arab kebobolan hingga ribuan jangkrik itu menyebar hingga ke Masjidil Haram. Namun, persisnya bagaimana saya belum tahu,” tutur dia.

Apa pun penyebabnya, pemerintah kota pun segera mengerahkan hampir 130 orang untuk membentuk tim dan melakukan pembersihan, dimulai dari proses pengasapan. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here