Edukasi Masyarakat, Kang Ujang Busthomi Bangun Museum Dukun Santet

77
Museum Dukun Santet milik Kang Ujang Busthomi dipenuhi benda-benda mistis. (Foto: about cirebon)

Cirebon, Muslim Obsession – Selama ini masyarakat umum seringkali takut dengan hal-hal berbau mistis yang disebabkan sihir dan santet. Bahkan tak jarang, ketakutan terhadap sihir dan santet melebihi ketakutan terhadap murka Allah Ta’ala.

Untuk meluruskan ketakutan tersebut, seorang dai muda asal Cirebon bernama Ustadz Ujang Busthomi atau yang akrab disapa Kang Ujang, membangun sebuah destinasi wisata Talaga Langit dengan salah satu konsepnya adalah Museum Dukun Santet.

Bagi Kang Ujang, museum tersebut merupakan sarana dakwah dan edukasi kepada masyarakat.

“Sejatinya, dukun santet itu tidak ada yang sakti, tidak ada yang hebat. Mereka menggunakan sarana seperti ini (boneka santet, pusaka, dll) dan jin. Di sini, sarana-sarana tersebut tidak ada harganya. Kenapa kita harus takut?” ungkap Kang Ujang kepada salah satu televisi swasta.

BACA JUGA: Hikmah Lockdown, Ujang Busthomi Sedot Perhatian Netizen karena Tantang Dukun-Dukun Santet

Menurut Kang Ujang, kesaktian dukun santet bisa mudah dikalahkan jika dilawan dengan keyakinan dan keimanan kepada Allah Ta’ala.

“Takut itu kepada Allah. Makanya ini banyak tulisan-tulisan supaya kita rajin salawat dan mendekatkan diri kepada Allah,” tegasnya.

Di Museum Dukun Santet terdapat benda-benda pusaka yang umum dilakukan dalam praktik perdukunan. Sebagian besar adalah benda-benda yang diambil Kang Ujang setelah ia mengalahkan para dukun santet.

“Benda-benda ini digunakan dukun-dukun santet untuk melawan saya. Dan ketika mereka kalah, benda-benda ini saya rampas dan ambil,” jelas Kang Ujang.

Kang Ujang selama ini memang dikenal sebagai praktisi yang memberantas praktik perdukunan. Aksi Kang Ujang tersebut dijadikan konten di channel YouTube miliknya dan bahkan seringkali membuat live streaming dalam pembuatannya.

BACA JUGA: Untuk Para Pedagang, UAS Bagikan Amalan Sebelum Mulai Berjualan

Museum Dukun Santet yang terdapat di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon ini memiliki luas sekitar seribu meter persegi. Kondisinya terbuka dengan batas pagar. Kondisi museum sengaja dibuat menyeramkan untuk menambah suasana mencekam.

Museum Dukun Santet berada di bagian bawah. Untuk menuju ke museum ini pengunjung melewati tangga bambu. Pintu masuk museum pun dibuat pendek, sehingga pengunjung harus membungkukkan badan saat akan masuk.

Ada banyak properti di museum ini yang semuanya identik dengan dunia santet. Beberapa di antaranya adalah boneka santet, replika pocong, hingga benda-benda yang biasa digunakan dukun santet untuk melancarkan aksinya.

Uniknya, boneka dan pocong dipajang di hampir sebagian sisi museum. Bahkan puluhan replika pocong sengaja digantung di sepanjang jalan dan sudut museum.

Talaga Langit sendiri tidak hanya menawarkan Museum Dukun Santet sebagai salah satu spot wisatanya. Tempat wisata milik Kang Ujang yang juga seorang Youtuber ini juga dilengkapi berbagai wahana lainnya, seperti kolam renang, tempat nongkrong, spot foto, dan gua cinta. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here