Doni Monardo: Kasus Virus Corona Alami Penurunan 11 Persen

174

Jakarta, Muslim Obsession – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyampaikan kabar baik soal perkembangan kasus virus corona di Indonesia. Ia menyebut sampai saat kasus corona di Indonesia mengalami penurunan hingga 11 persen.

Kendati begitu, dia meminta semua masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan virus corona. Terutama bagi daerah-daerah yang sudah menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB)

“Laju kasus baru menurun sampai 11 persen. Tetapi hal ini bukan berarti kita lengah,” ucap Doni Monardo dalam video conference usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Senin (4/5/2020).

Dia mengingatkan masih adanya potensi penyebaran virus corona dari sejumlah klaster. Terlebih, ada 89 ribu pekerja migran dari luar negeri yang pulang ke tanah air. Belum lagi kasus lain.

“Kehadiran sejumlah PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang berpotensi menular, jemaah tabligh, klaster gowa, beberapa tempat industri, pemudik yang lolos pemeriksaan aparat. Ini bisa berpotensi meningkatkan kasus kembali,” jelasnya.

Untuk itu, dia meminta kerja sama seluruh masyarakat dalam menangani pandemi corona. Dengan begitu, maka penyebaran corona menjadi berkurang dan masyarakat dapat segera kembali hidup normal.

“Kerja sama komponen masyarakat baik pusat dan daerah betul-betul terintegarasi dengan baik. Gugus tugas provinsi telah susun organisasi dan setiap gugus tugas betul-betul melakukan pencegahan, deteksi dan penanganan kepada masyarakat,” jelasnya.

Seperti diketahui, jumlah pasien positif corona di Indonesia mencapai 11.192 orang hingga Minggu, 3 Mei 2020. Sementara itu, jumlah pasien sembuh 1.876 orang dan yang meninggal akibat virus ini sebanyak 845 orang.

Adapun jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) corona sebanyak 236.369 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) totalnya 23.130 orang. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan setidaknya sudah 326 kabupaten di 34 provinsi yang terdampak virus corona. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here