Doa dari Nabi Zakaria Agar Dikaruniai Anak Shalih dan Shalihah

123

Jakarta, Muslim Obsession – Setiap orangtua pasti menginginkan punya anak yang shalih dan shalihah. Mereka yang taat terhadap perintah agama, dan berbakti kepada orangtua. Selain upaya lahir memberikan pendidikan yang, orangtua juga harus selalu berdoa memohon kepada Allah SWT.

Karena hal itu juga dilakukan oleh para Nabi dan orang-orang alim atau orang shalih. Nabi Zakaria AS dalam kisahnya juga senantiasa memohon kepada Allah agar diberi keturunan yang shalih dan shalihah. Nabi yang satu ini termasuk nabi yang lama diuji Allah, tidak mendapat keturunan.

Dalam buku bertajuk ‘Kisah bapak dan anak dalam Al-Qur’an karya Adil Musthafa Abdul Halim, disebutkan nama istri Nabi Zakaria adalah, lisyaa’ binti Faquuz saudari Hannah binti Faquzz, ibunya Maryam binti Imran.

Masih dalam buku yang sama disebutkan, keinginan Nabi Zakaria AS untuk memiliki anak adalah agar ada yang mewarisi kenabian untuk Bani Israel darinya. Bukan bertujuan agar ada yang mewarisi hartanya. Sebab para nabi tidak mewariskan harta benda.

Seperti dikutip dari buku ‘Keutamaan Doa & Dzikir Untuk Hidup Bahagia Sejahtera oleh M. Khalilurrahman Al Mahfani, sejarah mengisahkan Nabi Zakaria baru memiliki anak hingga umur 100 tahun.

Meski begitu, Nabi Zakaria selalu bersabar dan berdoa agar dianugerahi momongan. Hingga suatu hari, berkat kesabarannya, Allah menganugerahinya anak. Anak Nabi Zakaria yakni Nabi Yahya. Nabi Yahya merupakan seorang nabi.

Dalam buku bertajuk Menabur Iman di Dada Anak oleh Wulan Mulya disebutkan dalam Al-Quran doa Zakaria untuk mendapatkan anak shalih. Salah satu doanya yakni Surat Ali Imran ayat 38:

“Di sanalah Zakaria berdoa kepada Tuhannya seraya berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar Doa.” (QS. Ali Imran ayat 38).

Ada lagi doa Nabi Zakaria lainnya yang dipanjatkan kepada Allah untuk mendapatkan anak yang shalih dan shalihah. Seperti dikutip dari buku ‘Keutamaan Doa & Dzikir Untuk Hidup Bahagia Sejahtera oleh M. Khalilurrahman Al Mahfani, doa Nabi Zakaria yakni Surat Al Anbiya ayat 89 sebagai berikut:

رب لاتذرني ژدا وانت خير الوارثين. الأنبياء:۸۹

Rabbi laa tadzarnii fardaw wa anta khairul waaritsiin.

Artinya Ya Tuhanku, janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah waris yang paling baik. (QS. Al Anbiya: 89).

Dalam buku ‘Kisah bapak dan anak dalam Al-Quran oleh Adil Musthafa Abdul Halim (A)’ disebutkan, setelah Nabi Zakaria berdoa, malaikat datang memanggilnya. Pada saat itu Ia tengah melakukan shalat di tempat ibadahnya. Malaikat menyampaikan kepadanya firman Allah SWT yang berbunyi:

“Hai Zakaria, sesungguhnya kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia.” (QS Maryam ayat 7).”

Itulah doa untuk anak shalih dan shalihah dari Nabi Zakaria. Nabi Zakaria pun memiliki anak meski umurnya sudah 100 tahun. Dia memiliki anak bernama Nabi Yahya. Nama Yahya merupakan pemberian Allah SWT. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here