Dipenjara, Ahok Hampir Khatam Al-Quran

459
Ahok 1
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Foto: Edwin B/Obsessionnews.com)

Jakarta, Muslim Obsession – Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok) akan segera bebas dari penjara, rencana pembebasannya itu hari ini, Kamis (24/1/2019) di Rutan Mako Brimob, Depok.

Ahok dipenjara lantaran dinyatatakan telah menodai agama Islam ketika dirinya menyampaikan pidato di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016 saat menyinggung surat Al-Maidah ayat 51. Ahok pun harus ditahan selama hampir 2 tahun.

Adapun Ahok ditahan di Rutan Mako Brimob sejak 9 Mei 2017. Selama ditahan, Ahok mendapatkan tiga kali remisi dengan total pengurangan masa tahanan 3 bulan 15 hari.

Selama mendekam di penjara banyak hal menarik dari Ahok. Di antaranya, selama di penjara Ahok menghabiskan waktunya untuk membaca 18 judul buku. Salah satu yang dibacanya adalah kitab suci Al-Quran. Bahkan Ahok menuturkan, ia hampir menamatkan Al-Quran.

Hal itu diungkapkan Ahok saat dikunjungi 10 penulis yang menyumbang tulisan mengenai dirinya dalam buku berjudul “Kami Ahok”. Sejumlah topik pembicaraan dalam pertemuan itu dituangkan ke dalam tulisan oleh Ignasius Haryanto, satu dari 10 penulis yang bertemu dengan Ahok, dengan judul “Sebuah Selasa Siang Bersama BTP”.

“Tapi di sini gua juga hampir khatam baca Al-Quran lohhh… Gua kan SD sama SMP di sekolah Islam, jadi gua inget-inget dikit lah,“ tutur Ahok seperti dikatakan adiknya, Harry Tjahaja Purnama.

Ahok menceritakan kepada para penulis itu, Al-Quran yang dibawanya ke penjara adalah pemberian seorang ibu. Al-Quran itu, menurut Ahok, tercetak bagus. Begitu pula huruf dan hiasan kitab tersebut, bagus.

Karena memelajari Al-Quran, Ahok mengakui dirinya juga fokus memahami takwil surah Al-Maidah. Surah yang pernah ia kutip dalam pidato di hadapan warga, dan akhirnya menyeret Ahok ke terungku karena dinilai menistakan agama Islam.

“Nah gua baca juga tuh Al-Maidah, bagus isinya…” kata Ahok seperti yang diingat Hary. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here