Dinikahi Cak Nun, Novia Kolopaking Memilih Menyepi dari Dunia Keartisan

153

Jakarta, Muslim Obsession – Siapa yang tidak kenal dengan sosok Emha Ainun Nadjib. Pria yang akrab disapa Cak Nun ini adalah seorang tokoh intelektual Muslim di Indonesia yang menjadi suami dari seorang perempuan cantik bernama Novia Kolopaking.

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa Cak Nun adalah suami dari Novia Kolopaking. Namun kisah cinta dan kehidupan Cak Nun hingga bisa mempersunting Novia sebagai istrinya belum banyak yang tahu. Sudah puluhan tahun menikah, alhamdulillah keluarga Cak Nun terlihat harmonis dan jauh dari gosip atau pertengkaran.

Diketahui, Cak Nun menikah pertama kali dengan Neneng Suryaningsih pada 1978, namun bercerai pada 1985. Belasan tahun berlalu, yakni pada 1997, barulah Cak Nun menikahi Novia Kolopaking.

Meski banyak yang mengenal Novia karena aktingnya di berbagai sinetron, ternyata ia mengawali kariernya sebagai penyanyi. Ia bahkan mulai menapaki dunia tarik suara sejak usia 7 tahun.

Soal hubungannya dengan Cak Nun, Novia sudah mengenalnya sejak 1995. Kemudian Cak Nun mulai jatuh cinta pada Novia, yang dianggapnya memiliki prinsip yang luar biasa. Cak Nun bukan hanya dikenal sebagai budayawan, tapi dia juga seorang pemikir atau intelektual Islam yang sufistik.

Kenalan Pertama Kali.

Novia pun mengenang saat-saat lucu ketika dirinya berkenalan dengan Cak Nun. Saat itu, ia diminta membacakan salah satu puisi karya Cak Nun di sebuah acara. Novia mengaku kaget saat mendapat telepon dari pihak acara karena ternyata, Cak Nun ingin berbicara langsung dengan dirinya.

“Jadi terus telepon, terus tanya. Cak Nun pasti sudah tahu saya ya, kan saya terkenal,” canda Novia, dikutip dari kanal YouTube Gusman Channel.

“Terus tanya, ‘iya Mbak Novia, kenalkan,’ saya waktu itu panggilnya masih Mas kalo enggak salah. Saya belum tahu umurnya soalnya. Kalau tahu ya saya (panggil) Om dulu.”

Ia kemudian bercerita bahwa Cak Nun menanyakan hal-hal aneh yang tidak ada hubungannya dengan puisi atau acara yang akan dihadiri Novia. Saat itu, Cak Nun juga sempat memberanikan diri untuk mengajak Novia bertemu.

“Yang ditanya yang enggak-enggak. Pertama mengajak ketemuan, dan waktu itu saya lagi break dan saya bilang, ‘Maaf saya tidak bisa ketemu karena saya sedang syuting,’ padahal saya di rumah,” kata pemeran Emak dalam serial Keluarga Cemara ini.

Karena tidak bisa bertemu, akhirnya Cak Nun meminta untuk ngobrol lewat telepon. Cak Nun bahkan menanyakan warna favorit Novia lho.

“Ya sudah telepon saja. Terus nanya sukanya warna apa? Anak ke berapa? Hadeuhh ini mau bikin puisi atau mau sensus sih?” tuturnya.

Pertemuan Pertama.

Setelah menanyakan hal-hal aneh di telepon, Cak Nun dan Novia Kolopaking akhirnya bertemu dalam acara takbiran di salah satu stasiun TV swasta Nasional. Novia membacakan puisi karya Cak Nun.

Selesai acara, Cak Nun mengajak Novia buka puasa bersama di sebuah rumah makan Padang di kawasan Istora Senayan. Meski risih, namun akhirnya Novia menerima ajakan ayah Noe ‘Letto’ itu.

“Ketika itu saya bilang, ‘Tapi jangan lama-lama ya, saya sedang menunggu teman’, terus Cak Nun nanya, ‘teman apa pacar?’ Terus saya bilang, ‘pacar’. Emang pacar saya waktu itu,” katanya.

Setelah percakapan itu, Cak Nun mengatakan maksud dirinya mengajak Novia bertemu hari itu adalah untuk meminta Novia menjadi istrinya. Sayangnya, Novia yang saat itu memiliki pacar tampan mengatakan bahwa itu adalah yang tidak mungkin.

Setelah dua tahun berlalu, tak disangka Novia Kolopaking benar-benar dinikahi Cak Nun. Ia bahkan sering dicandai oleh Cak Nun, disebut menjilat ludahnya sendiri alias dahulu menolak tapi sekarang berubah pikiran.

Menghilang dari dunia artis

Setelah menikah, Novia mengaku bahwa Cak Nun sama sekali tidak melarang dirinya untuk tetap berakting dan bernyanyi. Namun, Novia memutuskan untuk berhenti dari dunia hiburan. Kenapa?

Cak Nun dan Novia Kolopaking menikah pada 1997. Saat itu, Novia belum mengenakan jilbab. Cak Nun pun sama sekali tidak meminta Novia untuk mengenakan hijab. Tak hanya itu, Cak Nun juga tidak melarang Novia jika masih ingin berakting dan bernyanyi.

“Memang sama sekali tidak ada larangan dari Cak Nun untuk saya bernyanyi. Saya masih terus nyanyi. Bahkan saya pakai jilbab sama sekali bukan suruhan apapun, itu betul-betul hidayah dari Allah dan Cak Nun tidak pernah satu kata pun bilang ‘kamu enggak pakai jilbab’,” katanya.

Setelah menikah, Novia memutuskan untuk meninggalkan dunia hiburan. Hal ini bukan lantaran perintah dari Cak Nun, namun karena keinginannya sendiri.

“Saya kalau nanti berkeluarga, saya pingin pindah ke daerah. Saya pingin ngurus anak. Saya pingin konsentrasi di rumah. Memang itu cita-cita saya,” ungkapnya.

“Mungkin karena saya mulainya sudah dari umur 7 tahun, jadi ketika saya umur 25 menikah, itu semua sudah selesai. Sudah saya lalui. Nah ketika saya berhenti dari semua itu, pas ketika saya menjadi istrinya Cak Nun.” (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here