Diklaim Warna Islam, Korea Selatan Akan Ubah Warna Paspor Hijau Jadi Biru

2623
Paspor Korea saat ini di sebelah kiri berwarna hijau, desain baru di sebelah kanan berwarna biru (Photo: Korea Herald/Yonhap)

Jakarta, Muslim Obsession – Untuk pertama kalinya dalam 32 tahun terakhir, pemerintah Korea Selatan akan mengubah warna sampul paspor yang awalnya berwarna hijau menjadi warna biru angkatan laut.

Hal tersebut disampaikan secara resmi oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata, Rabu (2/5/2018) waktu setempat, mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan desain paspor baru pada tahun 2020 mendatang.

Alasannya adalah ada banyak permohonan yang diajukan publik di situs web Cheong Wa Dae pada Maret 2018. Mereka mengklaim bahwa warna hijau adalah warna yang banyak digunakan oleh mayoritas negara Muslim.

Menurut mereka, warna hijau juga adalah warna khas agama Islam. Di mana warna tersebut tidak sesuai dengan budaya Korea Selatan dan agama Islam adalah minoritas di negara tersebut.

Dilansir Korea Herald, Kamis (3/5/2018), desain paspor terbaru akan dibuat oleh profesor Universitas Nasional Seoul Kim Soo-jung, ahli desain sekaligus pemenang kontes desain 2007.

Selain warna baru, paspor Korea yang diperbarui juga akan memiliki chip elektronik yang memungkinkan pemrosesan lebih cepat di pintu masuk. Selain itu, setiap halaman paspor baru akan memiliki ilustrasi warisan budaya Korea.

Sementara itu, pemerintah masih mendiskusikan item yang tepat untuk ditampilkan dalam ilustrasi warna dan ukuran teks tertentu. Kementerian Kebudayaan berencana menyelesaikan perincian desain paspor baru tersebut tahun ini. (Vina)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here