Dampak Media Sosial Bagi Kesehatan Mental

436
sosmed (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Media sosial (medsos) menjadi salah satu aplikasi populer yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari, terlebih pada kaum milenial. Selain sebagai wadah informasi, medsos juga menjadi ajang eksistensi diri. Namun, di balik itu semua ada dampak media sosial yang ternyata terbukti buruk untuk kesehatan mental.

Penelitian terbaru yang dilakukan  di Amerika Serikat membuktikan bahwa penggunaan aplikasi media sosial tertentu bisa meningkatkan depresi dan juga kesepian.

Untuk melihat dampak media sosial pada kesehatan mental, Melisa G Hunt, direktur pelatihan klinis pada Fakultas Psikologi di University of Pennsylvania, Amerika Serikat beserta timnya melakukan penelitian pada mahasiswa.

Penelitian ini melibatkan 143 mahasiswa di University of Pennsylvania yang menggunakan tiga aplikasi media sosial yang paling populer di kalangan mahasiswa, yaitu Facebook, Instagram, dan Snapchat. Peneliti kemudian memberikan angket untuk melihat kondisi suasana hati seperti kegelisahan, depresi, kesepian, dan rasa takut kehilangan.

Selain itu, peneliti juga memberikan paket data pada tiap mahasiswa untuk melihat kebiasaan tiap orang dalam menggunakan media sosial sehari-hari.

Selanjutnya, peneliti menempatkan setiap peserta ke dalam dua kelompok secara acak. Tim peneliti meminta para mahasiswa di kelompok pertama untuk terus menggunakan media sosial seperti biasa. Sementara mahasiswa di kelompok kedua diminta untuk membatasi penggunaan media sosialnya, yaitu hanya sekitar 10 menit per harinya.

1
2
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here